Pengaruh Literasi Keuangan, Literasi Digital, dan Hasil Belajar Kewirausahaan Terhadap Perilaku Berwirausaha Siswa Di SMK Negeri 1 Surabaya
The Influence of Financial Literacy, Digital Literacy, and Entrepreneurial Learning Outcomes on Entrepreneur Behavior of students at SMK Negeri 1 Surabaya
Perilaku berwirausaha merupakan salah satu kunci kesuksesan usaha yang dijalankan. Perilaku berwirausaha siswa diantaranya berani mengambil risiko, memecahkan masalah untuk mengambil keputusan, berpikir dan bertindak kreatif dan inovatif serta berkarya dengan semangat kemandirian. Suatu keputusan yang diambil untuk kemajuan usaha yang dilakukan oleh siswa sebagai wirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan variabel-variabel penelitian yang meliputi literasi keuangan, literasi digital, hasil belajar kewirausahaan dan perilaku beriwirausaha serta menganalisis pengaruh literasi keuangan, literasi digital, dan hasil belajar kewirausahaan terhadap perilaku berwirausaha siswa di SMK Negeri 1 Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksplanasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel pada peneletian ini adalah siswa SMK Negeri 1 Surabaya dengan jumlah populasi 102 siswa dan jumlah sampel 81 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian analisis data regresi linier berganda menunjukkan bahwa literasi keuangan berpengaruh signifikan sebesar terhadap perilaku berwirausaha siswa di SMK Negeri 1 Surabaya dan terbukti dari nilai koefisien literasi keuangan (β1) 0,052 artinya jika variabel literasi keuangan meningkat sebesar 1% dengan asumsi variabel literasi digital, variabel hasil belajar kewirausahaan dan konstanta adalah 0 (nol), maka perilaku berwirausaha meningkat sebesar 0,052. Sehingga dapat dikemukakan bahwa peningkatan literasi keuangan diikuti oleh peningkatan perilaku berwirausaha. Literasi digital berpengaruh signifikan terhadap perilaku berwirausaha siswa di SMK Negeri 1 Surabaya dan terbukti dari nilai koefisien literasi keuangan (β2) 0,401 artinya jika variabel literasi digital meningkat sebesar 1% dengan asumsi variabel literasi keuangan, variabel hasil belajar kewirausahaan dan konstanta adalah 0 (nol), peningkatan literasi digital diikuti peningkatan perilaku berwirausaha sebesar 0,401. Dan hasil belajar kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap perilaku berwirausaha siswa di SMK Negeri 1 Surabaya terbukti nilai koefisien hasil belajar kewirausahaan (β3) 0,081 artinya jika hasil belajar kwirausahaan meningkat sebesar 1% dengan asusmsi variabel literasi keuangan, variabel literasi digital dan konstanrra adalah 0 (nol), peningkatan hasil belajar kewirausahaan diikuti peningkatan perilaku berwirausaha sebesar 0,081.
Literasi keuangan, literasi digital dan hasil belajar kewirausahaan secara simultan terhadap perilaku berwirausaha siswa SMK Negeri 1 Surabaya. Banyaknya kontribusi pengaruh variabel literasi keuangan, literasi digital, dan hasil belajar kewirausahaan terhadap perilaku berwirausaha adalah sebesar 32,7% sedangkan 67,3% dipengaruhi faktor lain. Kesimpulannya literasi keuangan, literasi digital, dan hasil belajar kewirausahaan berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap perilaku berwirausaha siswa di SMK Negeri 1 Surabaya. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi literasi keuangan, literasi digital, dan hasil belajar kewirausahaan semakin tinggi pula perilaku berwirausaha siswa di SMK Negeri 1 Surabaya. Saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan untuk menambah variabel-variabel lain misalnya motif berprestasi, kemandirian pribadi, adversity quotien, literasi ekonomi, modal sosial sehingga dapat ditemukan faktor-faktor llain yang dapat mempengaruhi tingkat perilaku berwirausaha.
Entrepreneur behavior is one of the keys to the success of the business being run. Students entrepreneur behavior includes taking risks, solving problems to make decisions, thinking and acting creatively and innovatively and working with a spirit of independence. A decision taken for the progress of the student's business as an entrepreneur.This study aims to describe the research variables which include financial literacy, digital literacy, entrepreneurial learning outcomes and entrepreneurial behavior and to analyze the effect of financial literacy, digital literacy, and entrepreneurial learning outcomes on student entrepreneurial behavior at SMK Negeri 1 Surabaya. This research is a type of explanatory research with a quantitative approach. The population and sample in this study were students of SMK Negeri 1 Surabaya with a population of 102 students and a sample size of 81 students. The data collection technique used tests and questionnaires. The data analysis technique used multiple linear regression analysis. The results of the study of multiple linear regression data analysis show that financial literacy has a significant effect on the entrepreneurial behavior of students at SMK Negeri 1 Surabaya and is evident from the value of the financial literacy coefficient (β1) 0.052 which means that if the financial literacy variable increases by 1% assuming the digital literacy variable, the variable entrepreneurial learning outcomes and the constant is 0 (zero), then entrepreneurial behavior increases by 0.052. So it can be argued that an increase in financial literacy is followed by an increase in entrepreneurial behavior. Digital literacy has a significant effect on the entrepreneurial behavior of students at SMK Negeri 1 Surabaya and is evident from the value of the financial literacy coefficient (β2) 0.401, which means that if the digital literacy variable increases by 1% assuming the financial literacy variable, the entrepreneurial learning outcome variable and the constant is 0 (zero) , an increase in digital literacy followed by an increase in entrepreneurial behavior by 0.401. And entrepreneurial learning outcomes have a significant effect on student entrepreneurial behavior at SMK Negeri 1 Surabaya, it is proven that the coefficient of entrepreneurial learning outcomes (β3) is 0.081, meaning that entrepreneurial learning outcomes increase by 1% with the assumption of financial literacy variables, digital literacy variables and constantrra is 0 (zero). , an increase in entrepreneurial learning outcomes followed by an increase in entrepreneurial behavior by 0.081.
Financial literacy, digital literacy and entrepreneurial learning outcomes simultaneously on the entrepreneurial behavior of students of SMK Negeri 1 Surabaya. The number of contributions of the influence of the variables of financial literacy, digital literacy, and entrepreneurial learning outcomes on entrepreneurial behavior is 32.7%, while 67.3% is influenced by other factors. In conclusion, financial literacy, digital literacy, and entrepreneurial learning outcomes together have a significant effect on the entrepreneurial behavior of students at SMK Negeri 1 Surabaya. This shows that the higher the financial literacy, digital literacy, and entrepreneurial learning outcomes, the higher the entrepreneurial behavior of students at SMK Negeri 1 Surabaya. Suggestions for further researchers are expected to add other variables such as achievement motives, personal independence, adversity quality, economic literacy, social capital so that other factors can be found that can influence the level of entrepreneurial behavior.