KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DALAM PENANGANAN STUNTING PADA PUSKESMAS KALIRUNGKUT SURABAYA
QUALITY OF HEALTH SERVICES IN HANDLING STUNTING AT THE KALIRUNGKUT HEALTH CENTER, SURABAYA
Pelayanan Kesehatan merupakan salah satu pelayanan yang penting dalam masyarakat, salah satu yang memberi pelayanan kesehatan dalam menangani stunting adalah Puskesmas Kalirungkut. Penanganan stunting telah diatur dalam PERWALI no 79 Tahun 2022 tentang Percepatan Penurunan Stunting di Kota Surabaya. Dalam peraturan tersebut dijelaskan terkait program dalam penanganan stunting yang dapat dilaksanakan oleh puskesmas. Dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa hal yang perlu diperbaiki sehingga pelayanan stunting di Puskesmas Kalirungkut belum berjalan dengan optimal. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan di Puskesmas Kalirungkut Surabaya dalam menangani stunting. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori kualitas pelayanan oleh Zeithaml, dkk dengan ke lima dimensi nya yaitu Tangibes, Reliability, Responsiviness, Assurance, Empathy untuk menganalisis kualitas pelayanannya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah Kualitas Pelayanan dalam penanganan stunting Puskesmas Kalirungkut khususnya pada ruang pelayanan gizi yang berdasarkan pada 5 dimensi menurut Zeithaml dalam (Hardiansyah, 2018) sudah cukup baik, namun pada dimensi tangibles khususnya subindikator kemudahan akses dalam melakukan pelayanan masih belum terpenuhi atau dilakukan dengan baik. Saran yang dapat diberikan kepada Puskesmas Kalirungkut Surabaya adalah perlunya diadakannya sosialisasi secara menyeluruh dengan orangtua balita stunting dan kader dari posyandu karena hal ini membuat orangtua balita dan kader posyandu bisa lebih memahami bagaimana cara yang tepat dalam penanganan stunting.
Kata kunci: Kualitas, Pelayanan Kesehatan, Puskesmas, Stunting
Health services are one of the important services in society, one of which is health services in dealing with stunting cases, especially at the Kalirungkut Community Health Center, Surabaya City. Handling of stunting has been regulated in PERWALI no. 79 of 2022 concerning the Acceleration of Reducing Stunting in the City of Surabaya. This regulation explains the programs for handling stunting that can be implemented by community health centers. In its implementation, there are still several things that need to be improved so that stunting services at the Kalirungkut Community Health Center are not running optimally. The aim of this research is to determine the quality of service at the Kalirungkut Surabaya Community Health Center in dealing with stunting. This research uses a qualitative descriptive method using the service quality theory by Zeithaml, et al with its five dimensions, namely Tangibes, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy to analyze service quality. The data analysis techniques used are observation, interviews and documentation. The analysis techniques used are data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions.
The results obtained from this research indicate that the quality of services available at the Kalirungkut Community Health Center in dealing with stunted toddlers is not good enough. This is because the Kalirungkut Community Health Center does not fully meet the requirements of these five dimensions. Especially in communicating and providing access to information to parents of toddlers regarding how to handle it appropriately and how this program should run. These problems mean that the quality of service is not good enough. Suggestions that can be given to the Kalirungkut Surabaya Community Health Center are the need to hold comprehensive outreach with parents of stunting toddlers and cadres from posyandu because this will enable parents of toddlers and posyandu cadres to better understand how to properly handle stunting.
Key words: health service, public health center, stunting, quality