Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Prambon Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, terdapat tiga variabel yaitu kegiatan ekstrakurikuler (X1), motivasi belajar (X2) dan prestasi belajar (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Prambon Nganjuk sebanyak 281 siswa dengan sampel sebanyak 165 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data berupa angket atau kuisioner dengan menggunakan skala likert dan dokumentasi. Uji persyaratan analisis data penelitian menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda karena penelitian ini mengguanakan dua atau lebih variabel independen, analisis Uji T untuk menjawab hipotesis satu dan dua serta Uji F untuk menjawab hipotesis ketiga. Data di analisis menggunakan program SPSS 21.0.Berdasarkan hasil analisis data pada uji T variabel kegiatan ekstrakurikuler secara parsial berpengaruh terhadap variabel prestasi belajar sebesar 0,021, serta variabel motivasi belajar secara parsial berpengaruh terhadap variabel kinerja guru sebesar 0,010. pada uji F menunjukkan nilai Fhitung sebesar 5,493. Nilai signifikan variabel kegiatan ekstrakurikuler dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar yang diperoleh adalah sebesar 0,005. Nilai signifikan ini lebih kecil dari nilai alpha yaitu 0,05 dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, artinya kegiatan ekstrakurikuler dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri 1 Prambon Nganjuk. Adapun besarnya pengaruh kegiatan ekstrakurikuler dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar yaitu sebesar 6,4%.
This study aims to determine the effect of extracurricular activities on student achievement in Senior High School 1 Prambon Nganjuk. This study uses a quantitative approach, there are three variables, namely extracurricular activities (X1), learning motivation (X2) and learning achievement (Y). The population in this study were students of class XI Senior High School 1 Prambon Nganjuk as many as 281 students with a sample of 165 students. The sampling technique in this study was using simple random sampling technique. Data collection techniques in the form of questionnaires or questionnaires using a Likert scale and documentation. Test requirements for research data analysis using normality test and linearity test. The data analysis technique uses multiple regression analysis because this study uses two or more independent variables, analysis of the T Test to answer hypotheses one and two and Test F to answer the third hypothesis. Data was analyzed using the SPSS 21.0 program.Based on the results of data analysis on the T test the extracurricular activity variables partially influence the learning achievement variables of 0,021, and the learning motivation variables partially influence the teacher performance variable by 0,010. in the F test shows the calculated F value of 5,493. The significant value of extracurricular activity variables and learning motivation towards learning achievement obtained is 0,005. This significant value is smaller than the alpha value of 0,05, so H0 is rejected and H1 is accepted, meaning extracurricular activities and motivation to learn together affect the student achievement of Prambon Nganjuk 1 High School. The magnitude of the effect of extracurricular activities and learning motivation on learning is 6,4%.