ABSTRAK
Hendarwati,
Endah, 2021 Pengembangan Model Collaborative Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Ke mampuan Berpikir Kritis, Kolaboratif Dan Pemecahan Masalah Mahasiswa FKIP
Universitas Muhammadiyah Surabaya. Disertasi, Program Studi Teknologi Pendidikan,
Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, Pembimbing: (1) Prof.
Dr. Luthfiyah NurlaelaM.Pd dan (2) Dr. Dr.
Bachtiar S Bachri, M.Pd
Kata
Kunci: Model CPBL, Berpikir Kritis, Kolaboratif dan Pemecahan Masalah
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model Collaborative Problem Based
Learning (CPBL) yang layak, efektif dan praktis untuk meningkatkan kemampuan
berpikir kritis, kolaboratif dan pemecahan masalah pada mahasiswa Program studi
PGSD FKIP UMSurabaya.
Penelitian ini merupakan
model pengembangan yang mengadaptasi langkah model Borg and Gall (2003) dengan
melalui 10 tahapan. Subjek penelitian mahasiswa PGSD FKIP universitas
Muhammadiyah Surabaya. Instrumen pengumpulan data meliputi; (1) lembar validasi
untuk memperoleh data kelayakan model CPBL dan perangkat pembelajarannya, (2) lembar
observasi keterlaksanaan pembelajaran untuk memperoleh data kepraktisan model
CPBL dan perangkat pembelajarannya, (3) Lembar penilaian kemampuan berpikir kritis,
pemecahan masalah, dan lembar observasi kemampuan kolaboratif untuk memperoleh
data keefektifan model CPBL.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Model CPBL memiliki kelayakan sebesar 3,94 (sangat
baik), dan perangkat pembelajaran model CPBL memiliki kelayakan RPS sebesar 3,86
(sangat baik), RP sebesar 3,90 (sangat baik), LKM sebesar 3,92 (sangat baik), lembar
kemampuan berpikir kritis sebesar 3,95 (sangat baik), lembar kemampuan
pemecahan masalah sebesar 3,94 (sangat baik) dan lembar kemampuan kolaborasi
sebesar 3,95 (sangat baik). Hasil hitung Pearson correlation rata-rata 0,632 > 0,60 dan hasil hitung reliabilitas Cronbach’s
Alpha kemampuan berpikir kritis sebesar 0,918,
kemampuan kolaboratif sebesar 0,914, dan kemampuan pemecahan masalah sebesar 0,934
dan, (2) Model CPBL memiliki kepraktisan dengan hasil rerata keterbacaan buku
model sebesar 3,87 (sangat mudah dipahami) dan hasil keterlaksanaan sintak
model CPBL sebesar 95,1 % (sangat baik), (3)
Model CPBL efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis dengan hasil equal
variance assumed dengan nilai sig (2-tailed ) sebesar 0,000 <
0,05 (signifikan), (4) Model CPBL efektit meningkatkan kemampuan
pemecahan masalah dengan hasil equal variance assumed dengan nilai sig
(2-tailed ) sebesar 0,000 < 0,05 (signifikan), (5) Model CPBL efektif meningkatkan
kemampuan kolaborasi dengan hasil equal variance assumed dengan nilai
sig (2-tailed ) sebesar 0,000 < 0,05
(signifikan).