REFILL COSMETIC PALETTE PACKAGING DESIGN
AS AN ENVIRONMENTAL FRIENDLY CAMPAIGN
Perancangan ini dilatarbelakangi karena menumpuknya sampah yang terkontaminasi bahan kimia dan kurangnya pemahaman masyarakat mengenai kepedulian lingkungan dan penggunaan bahan kemasan plastik dalam kehidupan sehari-hari terutama pada bidang kecantikan dan menumpuknya sampah pl susah untuk didaur ulang selain itu juga mengakibatkan pencemaran lingkungan karena kosmetik mengandung bahan kimia. Dengan adanya kampanye lingkungan melalui produk kemasan ini diharapkan dapat mengedukasi secara langsung tentang pentingnya menjaga lingkungan dengan memanfaatkan produk yang ada seperti produk refill dan yang secara tidak langsung mengedukasi masyarakat tentang pentingnya penerapan hidup minimalism. Proses perancangan ini menggunakan metode Design Thinking yang berawal dari suatu masalah yang ada, yang dilanjutkan dengan hasil pembahasan dari data observasi yang mana akan mengarah pada rencana perancangan produk. Kemudian akan dilanjutkan dengan adanya konsep dan visualisasi desain. Terakhir adalah hasil desain atau final desain yang akan dieksekusi untuk perancangan kampanye kemasan ini. Media utama yang digunakan berupa kemasan baik kemasan primer dan sekunder, kemudian ditambahkan beberapa media pendukung yang lainnya. Konsep yang digunakan yaitu diferensiasi terhadap bahan dan visualisasi kemasan yang diharapkan dapat memberi hasil karya yang sesuai dengan perancangan. Dari perancangan ini akan memunculkan sebuah kebiasaan baru bagi pecinta maupun pengguna makeup dengan kebiasaan yang minimalism dan lebih ramah lingkungan.
This design is motivated by the accumulation of waste contaminated with chemicals and the lack of public understanding about environmental care and the use of plastic packaging materials in everyday life, especially in the field of beauty and the accumulation of pl waste is difficult to recycle but it also causes environmental pollution because cosmetics contain ingredients. chemical. With this environmental campaign through packaged products, it is hoped that it can educate directly about the importance of protecting the environment by utilizing existing products such as refill products and indirectly educating the public about the importance of implementing a minimalist life. This design process uses the Design Thinking method which starts from an existing problem, which is followed by a discussion of the results of the observation data which will lead to a product design plan. Then it will be continued with the concept and visualization of the design. The last is the design result or the final design that will be executed for the design of this packaging campaign. The main media used is in the form of packaging, both primary and secondary packaging, then several other supporting media are added. The concept used is differentiation of materials and visualization of packaging which is expected to produce works that are in accordance with the design.