PENGARUH KOMPETENSI TERHADAP KEPUASAN KERJA MELALUI MOTIVASI PADA PT. PERSADA INDONESIA
The Influence of Competence on Job Satisfaction through Motivation on PT. Persada Indonesia
Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor terpenting yang perlu dioptimalkan oleh perusahaan untuk mencapai visi dan misi perusahaan. Kepuasan kerja merupakan perasaan dan penilaian individu tentang pekerjaannya, seperti kondisi pekerjaan, dan pengaruh pekerjaan dalam memenuhi harapan, dan kebutuhannya. PT Persada Indonesia menawarkan pelayanan yang terbaik bagi para pelanggannya. Oleh karena itu, PT Persada Indonesia sangat mengutamakan sumber daya manusia yang ada di dalam perusahaan untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. Fenomena yang ada di PT Persada dalam tiga tahun terakhir sebelum pandemi yaitu pada tahun 2017 hingga 2019 mengalami penurunan jumlah keberangkatan pelanggan secara signifikan. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang dilakukan di kantor pusat PT Persada Indonesia yang berlokasi di Surabaya. Penelitian menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Penelitian ini menggunakan seluruh populasi sebagai sampling yaitu sebanyak 77 responden. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, peneliti menemukan bahwa kompetensi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja di PT X. Kemudian, peneliti menemukan bahwa kompetensi berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi pada karyawan PT Persada Indonesia. Kemudian pada pengujian selanjutnya, peneliti menemukan bahwa motivasi berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan kerja pada karyawan PT Persada Indonesia. Terakhir, peneliti menemukan bahwa Kompetensi berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Kerja melalui Motivasi. Dari segi praktik, perusahaan harus lebih memperhatikan kepuasan kerja karyawan untuk meningkatkan kompetensi karyawan dan motivasi agar dapat membatu perusahaan dlam mencapai tujuan.
Human resources are one of the most important factors that need to be optimized by the company in order to achieve the company's vision and mission. Job satisfaction is an individual's feelings and assessments about his job, such as job conditions, and the influence of work in meeting his expectations, and needs. PT Persada Indonesia offers the best service for its customers. Therefore, PT Persada Indonesia highly prioritizes the human resources within the company to provide the best service to the customer. The phenomenon that exists at PT Persada in the last three years before the pandemic, namely in 2017 to 2019, has significantly decreased the number of customer departing. In this study using quantitative research methods conducted at the head office of PT Persada Indonesia located in Surabaya. Research using primary data obtained from distributing questionnaires. This research used the entire population as sampling which is 77 respondents. Based on the results of hypothesis testing, researchers found that competence does not significantly affect job satisfaction at PT Persada Indonesia. Then, researchers found that competence has a significant effect on motivation in employees of PT Persada Indonesia. Later on, testing, researchers found that motivation has a significant positive effect on job satisfaction in employees of PT Persada Indonesia. Last, researchers found that Competence has a significant effect on Job Satisfaction through Motivation. In terms of practice, companies should pay more attention to employee job satisfaction to increase employee competence and motivation so that they can help companies achieve their goals.