PELAKSANAAN ICE BREAKER MANIPULASI ANGKA DALAM MENINGKATKAN ATENSI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VI SD YAMASTHO SURABAYA
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bagaimana pelaksanaan kegiatan ice breaker yang
dilakukan guru saat diberlakukannya PTMT dalam rangka meningkatkan atensi belajar siswa dan (2)
faktor yang menghambat pelaksanaan ice breaker serta (3) upaya dalam mengatasi hambatan tersebut
dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian yang telah dilakukan melibatkan 7
orang narasumber yang dipilih melalui purposive sampling dimana wawancara dilakukan pada
walikelas VI sebagai pencipta ice breaker yang dimaksud dan enam siswa kelas VI SD Yamastho
yang dipilih secara acak didukung dengan data dari pengamatan langsung di lapangan serta studi
dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah bentuk pelaksanaan ice breaker manipulasi angka,
hambatan dari factor guru, siswa, dan kondisi kelas yang dapat mempengaruhi pelaksanaan pemberian
ice breaker, dan upaya dalam mengatasi hambatan tersebut yaitu melalui perencanaan yang matang
dan kemampuan publik speaking yang memadai. Dalam penelitian ini juga dijelaskan beberapa
prestasi yang telah diraih narasumber setelah memberikan ice breaker ini kepada siswa yang
menunjukkan bahwa terdapat peningkatan atensi belajar pada siswa. Penelitian ini diharapkan dapat
dimanfaatkan sebagai alternatif pembelajaran matematika yang menyenangkan di sekolah dasar.
Kata Kunci: PTMT, Ice breaker, Manipulasi Angka, Pembelajaran Matematika.
This study aims to describe how is the implementation of the ice breakerthat carried out by the teacher
when PTMT to increase student’s learning attention and barriers to implementation also efforts to
overcome that used qualitative descriptive approach. The study that has been carried out involves
seven sources who were selected through purposive sampling data collection technique that interviews
were conducted with teacher of 6th grade as the creator of the ice breaker and six student of 6th grade
Yamastho Elementary School randomly selected supported by observational data and documentation
studies. The results of this study are the implementation of the ice breaker manipulation of number,
obstacles that affect the implementation of ice breaker and efforts to overcome these obstacles include
structured learning plan and good ability of public speaking. In this study also explained some of
achievements that have been achieved by the speakers after doing ice breaker to student which show
an increase in student’s learning attention. This study is expected to be used as an alternative for fun
learning mathematics at elementary school.
Keywords: PTMT, Ice breaker, Number Manipulation, Mathematic Learning.