Pengembangan Media Pembelajaran Komik Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran IPS Materi Interaksi Sosial Untuk Kelas V Sekolah Dasar
Development Of Character Education Comic Learning Media In Social Interaction Subjects For Class V Elementary School
ABSTRAK
Nama : Wahyu Widiastuti
NIM : 18010644207
Program Studi : S-1
Jurusan : Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Ganes Gunansyah, S.Pd.,M.Pd.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan yang menghasilkan produk berupa media pembelajaran komik pendidikan karakter. Tujuan pengembangan media komik pendidikan karakter pada pelajaran IPS materi interaksi sosial adalah untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan juga efektifitas media pembelajaran komik pada kegiatan pembelajaran di kelas. Dalam penelitian dan pengembangan (Research and Development) menggunakan model pengembangan ADDIE yakni analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Penelitian ini dilakukan di SDN Dapurkejambon I Jombang dengan subjek penelitian yakni peserta didik kelas V. Dalam pengambilan data, penelitian ini menggunakan lembar validasi untuk ahli media dan ahli materi untuk mendapatkan data berupa kelayakan media pembelajaran, angket respon guru serta peserta didik untuk mendapatkan data kepraktisan media pembelajaran, serta bulir soal pretest dan postest untuk mendapatkan data keefektifan produk media pembelajaran. Berdasarkan data hasil validasi media komik didapatkan nilai dari ahli media yaitu 96% dan nilai dari ahli materi yaitu 96%. Yang berarti media pembelajaran komik merupakan media yang layak digunakan. Sedangkan hasil dari penilaian angket respon guru mendapatkan nilai 97% dan angket respon siswa mendapatkan nilai 95,2%. Dari hasil respon guru dan peserta didik menandakan bahwa media komik Pendidikan karakter merupakan media yang praktis dan layak digunakan. Jika dilihat dari hasil tes peserta didik media komik pendidikan karakter tergolong pada kategori efektif karena 90% peserta didik mencapai ketuntasan belajar. Berdasarkan tabel output “Paired Samples Test” diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yakni terdapat perbedaan sebelum perlakuan dan sesudah .Selain itu nilai peserta didik juga mengalami peningkatan dapat dilihat dari hasil gain score yang menunjukkan angka 0,7 yakni peningkatan kategori sedang. Jika dilihat dari aspek pendidikan karakter, telah ada perubahan pada peserta didik saat pembelajaran di kelas. Menurut hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran komik Pendidikan karakter pada mata pelajaran IPS materi interaksi sosial yang telah dikembangkan memenuhi kategori valid, praktis dan efektif sehingga layak untuk digunakan.
ABSTRACT
This research is a development research that produces comic learning media products for character education. The purpose of developing comic learning media for character education in social studies subjects on social interaction is to determine the feasibility, practicality and effectiveness of comic learning media in classroom learning activities. This type of research is research and development (Research and Development) using the ADDIE development model namely analysis, design, development, implementation and evaluation. This research was conducted at Dapurkejambon I Jombang Elementary School with research subjects namely fifth grade students. The instruments used in collecting research data were validation sheets for media experts and material experts to obtain data on the feasibility of learning media, teacher response questionnaires, and student response questionnaires for obtain data on the practicality of learning media, as well as pretest and posttest item points to obtain data on the effectiveness of learning media products. Based on the results of the comic media validation results, the media expert's score was 96% and the material expert's score was 96%. Which means comic learning media is a suitable medium to use. Meanwhile, the results of the teacher's response questionnaire scored 97% and the student response questionnaire scored 95.2%. From the results of the teacher's and students' responses, it indicates that comic media for character education is a medium that is practical and appropriate to use. If seen from the test results of students on comic media, character education belongs to the effective category because 90% of students achieve learning mastery. In addition, the value of students also experienced an increase, which can be seen from the results of the gain score which shows the number 0.7, which is an increase in the moderate category. When viewed from the aspect of character education, there have been changes in students when learning in class. Based on the results of the research that has been done, it can be concluded that the comic learning media for character education in social interaction subjects that have been developed meet the valid, practical and efficient categories so that they are feasible to use.
Keywords: Comics, Social Interaction, Character Building