Pengaruh Disfungsi Keluarga dan Persahabatan Terhadap Kesepian Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Kelas X Di Yayasan Pendidikan Telkom
The Effect of Family and Friendship Dysfunction on Loneliness in Class X Vocational High School Students at the Telkom Education Foundation
Jannah, Miftahul. 2023. Pengaruh Disfungsi Keluarga dan Persahabatan Terhadap Kesepian Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Kelas X Di Yayasan Pendidikan Telkom. Tesis, Program Studi Bimbingan Konseling, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. Retno Tri Hariastuti, M.Pd., Kons. dan (II) Prof. Dr. Mochamad Nursalim, M.Si.
Kata-kata Kunci: disfungsi keluarga, persahabatan, kesepian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disfungsi keluarga dan persahabatan terhadap kesepian pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan Kelas X di Yayasan Pendidikan Telkom.
Metode yang digunakan menggunakan kuantitatif korelasional. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk mengukur pengaruh disfungsi keluarga dan persahabatan terhadap kesepian pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan Kelas X di Yayasan Pendidikan Telkom. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X pada Sekolah Menengah Kejuruan di Yayasan Pendidikan Telkom Angkatan 2022/2023 sejumlah 1.188 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah systematic random sampling. Indikator pada penelitian ini sejumlah 14, maka bisa ditetapkan bahwa jumlah sampel adalah 140. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dan kuesioner. Instrumen Analisis pada penelitian ini terdiri dari 3 kuesioner yaitu disfungsi keluarga, persahabatan, kesepianyang dikembangan sendiri oleh peneliti. Teknik analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik, regresi linear berganda, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi (r square) dan uji hipotesis.
Hasil pengujian regresi linear berganda menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial variabel disfungsi keluarga terhadap tingkat kesepian pada siswa. Namun, sebaliknya, variabel persahabatan menunjukkan pengaruh negatif yang tidak signifikan secara parsial terhadap tingkat kesepian pada siswa. Selain itu, secara simultan, variabel disfungsi keluarga dan persahabatan juga berpengaruh terhadap tingkat kesepian pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan di Yayasan Pendidikan Telkom.
Merujuk pada hasil penelitian yang telah dilakukakan, maka didapatkan kesimpulan bahwa variabel disfungsi keluarga berpengaruh signifikan terhadap kesepian, sedangkan variabel persahabatan tidak berpengaruh signifikan. Berdasarkan hasil pengujian koefisien determinasi dapat dijelaskan bahwa perolehan nilai R-Square adalah 0,321. Nilai ini dapat diinterprtasikan bahwa variabel disfungsi keluarga dan persahabatan mempengaruhi variabel kesepian sebesar 32,1%, sedangkan sisanya sebesar 67,9% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian.
Jannah, Miftahul. 2023. The Effect of Family and Friendship Dysfunction on Loneliness in Class X Vocational High School Students at the Telkom Education Foundation. Thesis, Counseling Guidance Study Program, Postgraduate, State University of Surabaya. Advisor: (I) Dr. Retno Tri Hariastuti, M.Pd., Kons. and (II) Prof. Dr. Mochamad Nursalim, M.Si.
Key Words: family dysfunction, friendship, loneliness
This study aims to determine the effect of family dysfunction and friendship on loneliness in Class X Vocational High School students at the Telkom Education Foundation.
The method used is quantitative correlational. This study uses a quantitative method to measure the effect of family dysfunction and friendship on loneliness in Class X Vocational High School students at the Telkom Education Foundation. The population in this study were class X students at the Vocational High School at the Telkom Education Foundation Batch 2022/2023 with a total of 1,188 students. The sampling technique used is systematic random sampling. There are 14 indicators in this study, so it can be determined that the number of samples is 140. Data collection in this study used documentation and questionnaire techniques. The analytical instrument in this study consisted of 3 questionnaires, namely family dysfunction, friendship, loneliness. The analysis technique used is the classical assumption test, multiple linear regression, correlation coefficient test, coefficient determination test (r square) and hypothesis testing.
The results of multiple linear regression testing show that there is a positive and significant effect partially on family dysfunction variables on the level of loneliness in students. However, on the contrary, the friendship variable shows a partially insignificant negative effect on the level of loneliness in students. In addition, simultaneously, family dysfunction and friendship variables also affect the level of loneliness in Vocational High School Students at the Telkom Education Foundation.
Referring to the results of the research that has been done, it can be concluded that the family dysfunction variable has a significant effect on loneliness, while the friendship variable has no significant effect. Based on the results of testing the coefficient of determination, it can be explained that the R-Square value is 0.321. This value can be interpreted that family dysfunction and friendship variables affect loneliness by 32.1%, while the remaining 67.9% is influenced by other variables outside the research model.