PENGARUH MOTIF PENGGUNAAN APLIKASI RRI DIGITAL TERHADAP MINAT DENGAR DI RADIO REPUBLIK INDONESIA
THE INFLUENCE OF MOTIVES FOR USING THE RRI DIGITAL APPLICATION ON INTEREST IN LISTENING ON RADIO REPUBLIC OF INDONESIA
Radio Republik Indonesia terus berupaya untuk tetap bertransformasi di era digital dengan terus mengembangkan aplikasi radio streaming RRI Digital yang menjadikan RRI berbeda dengan radio lainnya. Pada RRI Digital pengguna diberikan piihan untuk mengakses konten yang sesuai dengan keinginan, kepentingan, dan kebutuhan mereka. Oleh karena itu pengguna media memiliki motif-motif tertentu untuk memenuhi kebutuhannya. Motif penggunaan media perlu dipertanyakan apakah motif tersebut dapat terpuaskan setelah mengakses media tersebut. Hal inni sesuai dengan teori Uses and Gratifications yang mengatakan bahwa audiens aktif untuk menentukan media mana yang harus dipilih untuk memuaskan kebutuhannya.
RRI Digital merupakan sebuah aplikasi hasil rebranding yang awalnya bernama RRI Play Go. Aplikasi tersebut merupakan layanan yang terdapat berita, musik, podcast, dan siaran RRI seluruh Indonesia yang mudah diakses oleh penggunanya di mana saja dan kapan saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antara motif penggunaan aplikasi RRI Digital terhadap minat dengar di Radio Republik Indonesia.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei dengan teknik analisis regresi linier sederhana yang diberikan kepada 100 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling.
Radio Republik Indonesia continues to strive to continue transforming in the digital era by continuing to develop the RRI Digital streaming radio application which makes RRI different from other radio stations. At RRI Digital users are given the choice to access content that suits their desires, interests and needs. Therefore, media users have certain motives to fulfill their needs. The motive for using media needs to be questioned whether this motive can be satisfied after accessing the media. This is in accordance with the Uses and Gratifications theory which says that the audience is active in determining which media should be chosen to satisfy their needs.
RRI Digital is an application resulting from rebranding which was originally called RRI Play Go. This application is a service that contains news, music, podcasts and RRI broadcasts throughout Indonesia that are easily accessible to users anywhere and at any time. This research aims to determine whether or not there is an influence between the motives for using the RRI Digital application on listening interest on Radio Republik Indonesia.
This type of research is quantitative research using a survey method with a simple linear regression analysis technique which was given to 100 respondents using a purposive sampling technique.