Pengaruh Persepsi
Manfaat, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Resiko terhadap Niat Menggunakan Internet Banking - Klik BCA (Studi Pada
Nasabah Bank Central Asia, Surabaya)
Kode Dokumen :
0039/FE-MAN/2020
Penulis Utama :
Silvi Indah Purnamasari
NIM Penulis Utama:
15080574087
Tahun :
2020
Judul ID :
Pengaruh Persepsi
Manfaat, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Resiko terhadap Niat Menggunakan Internet Banking - Klik BCA (Studi Pada
Nasabah Bank Central Asia, Surabaya)
Judul EN :
The influence of Perceived Usefullness,
Perceived Ease of Use, and Perceived Risk on Behavior Intention of Using Klik BCA Internet
Banking (Study on Bank Central Asia Surabaya Customers).
Sumber :
UNESA -
Fakultas Ekonomika dan Bisnis -
Jurusan S1 Manajemen -
15080574087 -
2020
Jenis Dokumen :
Skripsi
Abstrak ID :
Klik BCA merupakan layanan perbankan online yang dapat memberikan manfaat kemudahan bagi nasabah untuk berbagai transaksi keuangan (non tunai) melalui laptop ataupun handphone nasabah. Internet banking pada kenyataanya tidak hanya menyuguhkan manfaat dan kemudahan bagi nasabahnya, namun juga terdapat kekurangan dan kelemahan atas resiko yang kemungkinan dapat diterima nasabah. Teori yang menjelaskan tentang penggunaan sistem teknologi informasi yang dianggap sangat berpengaruh adalah Technology Acceptance Model (TAM). Penelitian ini bertujuan menganalisis Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Resiko terhadap Niat Menggunakan Internet banking. Penelitian ini berjenis konklusif dengan pendek a tan kausal, dengan populasi nasabah BCA di Kota Surabaya yang belum menggunakan internet banking BCA. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah n on p robabiliy s ampling, p urposive s ampling dan s nowball s ampling dengan jumlah sampel 210 responden yang diperoleh dari penyebaran angket secara online dan offline . Skala pengukuran menggunakan Skala Likert. Kemudian data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa t erdapat pengaruh positif dan signifikan dari persepsi manfaat, persepsi kemudahan, dan persepsi resiko terhadap niat menggunakan internet banking Klik BCA (Studi pada Nasabah Bank Central Asia Surabaya).
Abstrak EN :
Klik BCA is an online banking service that can provide convenience benefits for customers for a variety of (non-cash) financial transactions through a customer's laptop or handphone. Internet banking in fact not only presents the benefits and conveniences for its customers, but there are also drawbacks and weaknesses to the risks that customers might accept. Theories that explain the use of information technology systems that are considered very influential are the Technology Acceptance Model (TAM). This study aims to analyze the Effect of Perce ived Usefullness , Perce ived Ease of Use , and perceived Risk of Behavior Intention to Use Internet banking. This study is conclusive with a causal approach, with a population of BCA customers in Surabaya who have not used BCA internet banking. The sampling technique of this study was n on p robabiliy s ampling, p urposive s ampling and s nowball s ampling with a sample of 210 respondents obtained from distributing questionnaires online and offline. The measurement scale uses a Likert Scale. Then the data that has been obtained are analyzed using multiple linear regression analysis. The results of this study indicate that there is a positive and significant influence of perce ived u sefullness , perce ived ease of use , and perceived r isk towards b ehavior intention to use Klik BCA internet banking (Study on Bank Central Asia Surabaya Customers)