Pengaruh Label Halal dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Indomie
The effect of halal label and religiosity on indomie purchasing decisions
Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki masyarakat muslim terbanyak di dunia. Jumlah populasi muslim di Indonesia saat ini berjumlah sebanyak 231.069.932. Indonesia juga merupakan salah satu negara yang terkena dampak pandemi covid-19. Pandemi covid-19 berdampak pada meningkatnya kebutuhan pengganti makanan pokok, salah satunya mie instan. Mie instan Indomie mendapat kepercayaan dari masyarakat, karena diproduksi sejak lama dan sudah berlabel halal Majelis Ulama Indonesia (MUI). Dalam penelitian ini menguji label halal, dan religiusitas terhadap keputusan pembelian Indomie. Penelitian ini berfokus pada konsumen Indomie dengan rentan usia 18 tahun ke atas menggunakan sampel sebesar 120 sampel dengan teknik non probability sampling. Responden dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner online. Data dianalisis menggunakan metode regresi linear berganda. Pada hasil penelitian ini menunjukkan bahwa label halal, dan religiusitas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian pada Indomie.
Indonesia is one of the countries that has the largest Muslim community in the world. The total Muslim population in Indonesia currently amounts to 231,069,932. Indonesia is also one of the countries affected by the COVID-19 pandemic. The COVID-19 pandemic has had an impact on the increasing need for substitutes for staple foods, one of which is instant noodles. Indomie instant noodles won the trust of the public, because they have been produced for a long time and have been labeled halal by the Indonesian Ulema Council (MUI). This study examines the halal label, and religiosity on Indomie purchasing decisions. This study focuses on Indomie consumers aged 18 years and over using a sample of 120 samples with non-probability sampling technique. Respondents were collected using an online questionnaire. Data were analyzed using multiple linear regression method. The results of this study indicate that the halal label, and religiosity have a significant influence on purchasing decisions at Indomie.