EKSTRAKURIKULER HOCKEY SEBAGAI BRANDING IMAGE DI SMAN 1 KWANYAR BANGKALAN
Pengembangan dan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler di satuan pendidikan dituntut untuk meningkatkan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor siswa serta mengembangkan minat dan bakat siswa. Hal itu juga di dampingi dengan kualitas kegiatan ekstrakurikuler yang akan menjadikan Ekstrakurikuler menjadi brand image bagi sekolah untuk meningkatkan penawaran kepada calon peminatnya. Salah satu ekstrakurikuler yang populer di SMAN 1 Kwanyar Bangkalan yaitu ekstrakurikuler hockey. Ekstrakurikuler hockey di SMAN 1 Kwanyar Bangkalan memiliki prestasi-prestasi dan di akui keberadaannya oleh masyarakat. Maka dari itu tujuan penelitian ini ialah mengetahui fungsi ekstrakurikuler hockey sebagai Branding Image SMAN 1 Kwanyar Bangkalan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Populasi yang diambil ialah seluruh masyarakat SMAN 1 Kwanyar Bangkalan dengan sampel hanya sebanyak 29 orang yang berasal dari responden SMAN 1 Kwanyar Bangkalan, SMP/MTS Kwanyar Bangkalan, Atlet, Masyarakat dan yang terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler hockey dan masyarakat. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dokumentasi dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrakurikuler hockey SMAN 1 Kwanyar Bangkalan dilakukan di luar jam pelajaran sekolah yaitu pada hari selasa jam 14.00-16.30, ekstrakurikuler hockey SMAN 1 Kwanyar Bangkalan bisa menjadi branding image karena prestasi-prestasi yang sudah di raih oleh para atlet dari awal terbentuknya hockey sampai sekarang atas dukungan oleh semua pihak sekolah. Akan tetapi pada saat terjadi pandemi covid-19, latihan yang biasanya rutin menjadi terbatas bahkan sampai tidak ada kegiatan. Selain itu dalam kegiatan ekstrakurikuler hockey terdapat kontribusi untuk masyarakat salah satunya yaitu melaksanakan penggalangan dana jika ada bencana alam ataupun hal yang lainnya.
The development and implementation of extracurricular activities in the educational unit is required to improve students' cognitive, affective and psychomotor abilities and develop students' interests and talents. This is also accompanied by the quality of extracurricular activities that will make Extracurricular a brand image for schools to increase offers to potential enthusiasts. One of the popular extracurriculars at SMAN 1 Kwanyar Bangkalan is extracurricular hockey. Extracurricular hockey at SMAN 1 Kwanya Bangkalan has achievements and is recognized for its existence by the community. Therefore, the purpose of this study is to find out the function of extracurricular hockey as a Branding Image of SMAN 1 Kwanyar Bangkalan. The type of research used is qualitative research with descriptive methods. The population taken was the entire community of SMAN 1 Kwanyar Bangkalan with a sample of only 29 people who came from respondents of SMAN 1 Kwanyar Bangkalan, SMP/MTS Kwanyar Bangkalan, Athletes, Communities and those involved in extracurricular hockey and community activities. Data collection techniques include interviews, observational documentation and questionnaires. The results showed that extracurricular hockey SMAN 1 Kwanyar Bangkalan was carried out outside of school class hours, namely on Tuesdays at 14.00-16.30, extracurricular hockey SMAN 1 Kwanyar Bangkalan could be a branding image because of the achievements that have been achieved by athletes from the beginning of the formation of hockey until now it has been supported by all parties of the school. However, during the COVID-19 pandemic, training that is usually routine becomes limited even to the point of no activities. In addition, in extracurricular hockey activities, there are contributions to the community, one of which is to carry out fundraising if there is a natural disaster or other things.