Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk media bimbingan klasikal website
KASTIL untuk meningkatkan pemahaman studi lanjut peserta didik fase F-XII yang
memenuhi kriteria akseptabilitas yang terdiri dari kegunaan, kelayakan,
ketepatan, dan kepatutan. Peneliti menggunakan model penelitian pengembangan
atau R&D (research and development) yang diadaptasi dari Borg and
Gall (1983). Penelitian ini hanya dilakukan hingga tahap kelima. Metode
pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan uji validasi
produk. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kuantitatif dan kualitatif.
Analisis data menggunakan interval rentang nilai antar skor dan dari saran
ahli. Jumlah subjek penelitian yaitu 3 yang terdiri dari 1 ahli materi, 1 ahli
media, dan 2 calon pengguna.
Berdasarkan uji validasi oleh ahli materi,
didapatkan hasil bahwa produk berada pada kategori berguna, sangat layak,
tepat, dan sangat patut. Hasil uji validasi oleh ahli media didapatkan hasil
bahwa produk sangat berguna, layak, sangat tepat, dan sangat patut. Hasil uji
validasi oleh dua calon pengguna menyatakan bahwa produk sangat berguna, sangat
layak, tepat, dan sangat patut. Produk KASTIL yang dikembangkan dapat dikatakan
telah memenuhi kriteria akseptabilitas.
Kata kunci: Pengembangan, Website, Pemahaman, Studi lanjut