Inkuiri merupakan pembelajaran penemuan dengan tahapan mengidentifikasi masalah, menuliskan pertanyaan, menuliskan hipotesis, mengambil data, dan menguji hipotesis. Argumentasi merupakan kemampuan dalam mengambil keputusan, mempertahankan keputusan, dan mempengaruhi orang lain dengan data yang diperoleh. Inkuiri dengan aktivitas argumentasi merupakan pembelajaran dengan langkah inkuiri dengan disertai aktivitas argumentasi (menuliskan klaim disertai dengan data) pada beberapa langkah inkuiri. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kegiatan Peserta Didik berbasis inquiry by design argumentation activity pada submateri lumut yang layak. Penelitian ini mengacu pada siklus pengembangan Fenrich (1977). Jenis penelitian adalah penilitian pengembangan. Subjek penelitian adalah LKPD yang dikembangkan dengan diujicobakan kepada 12 peserta didik kelas X SMA Negeri 18 Surabaya. Analisis data secara deskriptif kuantitatif. Kelayakan LKPD ditinjau berdasarkan validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil validitas diperoleh hasil rata-rata 3,97 dengan kategori sangat valid. Keterbacaan wacana pada LKPD dengan grafik Fry pada kelas pembaca 10. Kepraktisan LKPD berdasarkan respons peserta didik dengan kategori sangat positif sebesar 97,23% dan keterlaksanaan pembelajaran dengan kategori sangat praktis sebesar 92,50%. Keefektifan LKPD dilihat dari kemampuan argumentasi dan ketercapaian level argumentasi yang diperoleh peserta didik. Peserta didik rata-rata 75% mampu menuliskan argumentasi dengan kategori baik. Argumentasi level 2 dicapai sebesar 63,89% berupa klaim yang dibuat disertai dengan data yang lemah. Argumentasi level 3 dicapai sebesar 66,67% dan 50% berupa klaim disertai dengan data yang sesuai. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Inquiry by Design Argumentation Activity pada Submateri lumut layak.
Kata kunci : LKPD, inkuiri, lumut, kemampuan argumentasi
Inquiry was discovery learning with the stages of identifying problems, writing questions, writing hypotheses, retrieving data, and testing hypotheses. Argumentation was the ability to make decisions, maintain decisions, and influence others with the data obtained. Inquiry with argumentation activities was learning with inquiry steps accompanied by argumentation activities (writing claims accompanied by data) in several steps of inquiry. The aims of research was produce student worksheet inquiry by design argumentation activity in mosses subtopic which feasibility. This research used Fenrich cycle (1997). Research type was development research a learning source. Subject this research was a development worksheet and tested for 12 students in SMAN 18 Surabaya. Data analyze was quantitative descriptive. Based on validation results of validator were got average 3,97 with very valid. Legibility the information in worksheet of Fry graphic was in 10 class reader. Students response got percentage of 97,23%. Practical of students worksheet was seen from implementation students activity got percentage of 92,50%. The effectiveness of students worksheet was seen from argumentation ability and argumentation level achievement. The average ability of argumentation of students got percentage of 75% good argument category. Level 2 of argumentation was achieved 63,89% that can make a claim with weak data. Level 3 of argumentation was achieved 66,67% and 50% that can make a claim with correct data. Based on that result can be implied students worksheet based inquiry by design argumentation activity in mosses subtopic was feasibility.
Keywords : student worksheet, inquiry, mosses, argumentation ability