PENGEMBANGAN BLOOKET SEBAGAI MEDIA UNTUK MEMPERKAYA KOSA KATA SISWA KELAS TUJUH SMP
Vocabulary mempunyai peran penting dalam pembelajaran bahasa inggris. Fakta yang terjadi di Indonesia sekarang mayoritas siswa tidak bisa berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris dengan baik karena mereka kurang menguasai vocabulary. Pada hal ini, menentukan strategi untuk mengajarkan vocabulary sangat diperlukan. Salah satu cara untuk menyelesaikan hal ini adalah dengan menggunakan media. Blooket merupakan sebuah media berbasis computer yang telah dikembangkan menjadi media yang efektif dengan menggunakan rancangan penelitian R&D. R&D adalah rancangan penelitian yang digunakan untuk menciptakan produk baru dan mengevaluasi produk tersebut melalui beberapa percobaan. Rancangan penelitian ini mencantumkan beberapa tahapan seperti validasi materi dan media, serta evaluasi lapangan. Evaluasi lapangan di laksanakan di salah satu Sekolah Menengah Pertama di Sidoarjo. Kelas 7 dari sekolah ini dipilih sebagai peserta dalam penelitian. Deskriptive text dipilih sebagai topic untuk memperkaya vocabulary siswa. Tujuannya untuk mengetahui apakah media yang telah dikembangkan dapat dijalankan atau tidak dan bagaimana persepi guru dan siswa ketika menggunakan media ini. Berdasarkan hasil dari tahapan-tahapan yang telah dilaksanakan, Blooket cocok digunakan dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Permainan ini juga memotivasi siswa dan membuat siswa tidak mudah bosan dalam mempelajari vocabulary.
Vocabulary holds a crucial role in English language acquisition. Presently, the predominant challenge in Indonesia is that a significant number of students struggle to communicate proficiently in English due to their insufficient command of vocabulary. Consequently, devising effective strategies to impart vocabulary is crucial. One viable approach to address this challenge involves the utilization of media. Blooket, a computer-based medium, has been transformed into a potent educational tool employing the Research and Development (R&D) framework. R&D, as a research design, is instrumental in the creation and evaluation of new products through iterative experimentation. The research design encompasses key stages, including the validation of materials and media, as well as field assessments. Field evaluations were undertaken at a chosen Junior High School in Sidoarjo, with seventh-grade students participating in the study. The topic selected for enriching students' vocabulary was descriptive text. The primary aim was to ascertain the viability of implementing the developed media and gauge the perceptions of both educators and students during its application. Based on the outcomes derived from the implemented stages, it is evident that Blooket is well-suited for English language instruction. Not only does the game serve as a motivational tool for students, but it also mitigates the risk of student boredom during vocabulary learning sessions.