KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MAN SURABAYA MATERI FAKTOR LAJU REAKSI DENGAN INKUIRI TERBIMBING ONLINE
CRITICAL THINKING SKILLS OF STUDENTS MAN SURABAYA REACTION RATE FACTOR MATERIAL WITH ONLINE GUIDED INQUIRY
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing, aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis, hasil belajar ranah kognitif, dan respon siswa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada submateri faktor-faktor yang memengaruhi laju reaksi. Metode penelitian ini menggunakan One Group PretestPosttest Design dengan sampel penelitian yaitu 30 siswa kelas XI MIPA 5 MAN Surabaya. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode analisis kuantitatif. Penelitian ini menunjukkan hasil sebagai berikut: (1) Keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada pertemuan 1 mendapatkan pesrsentase sebesar 92,45% , pada pertemuan 2 sebesar 94,8% dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa selama proses pembelajaran yang memperoleh persentase lebih besar adalah aktivitas yang relevan dibandingkan aktivitas yang tidak relevan. (3) Peningkatan keterampilan berpikir kritis berdasarkan hasil NGain sebesar 93,65% siswa mendapatkan N-Gain dengan kriteria tinggi dan sebesar 0,04% mendapatkan N-Gain dengan kriteria sedang (4) Hasil belajar ranah kognitif siswa kelas XI MIPA 5 di MAN SURABAYA memperoleh nilai ≥ 75 dinyatakan tuntas dengan nilai rata-rata sebesar 86% dan ketuntasan klasikal sebesar 100% (5) Respon siswa terhadap model pembelajaran yang diterapkan yaitu inkuiri terbimbing sangat baik dengan persentase sebesar 98,3%.
Kata Kunci: inkuiri terbimbing, keterampilan berpikir kritis, laju reaksi
This research aims to determine the implementation of guided inquiry learning models, student activities, critical thinking skills, knowledge learning outcomes, and student responses through the application of guided inquiry learning models on submateri factors that influence reaction rates. This research method uses One Group PretestPosttest Design with a research sample of 30 students class XI MIPA 5 MAN Surabaya. The data obtained is analyzed using quantitative analysis methods. This study showed the following results: (1) Implementation of the inkuiry learning model guided at meeting 1 received a percentage of 92.45% , at meeting 2 of 94.8% in the excellent category. (2) Student activities during the learning process that earn a greater percentage are relevant activities than irrelevant activities. (3) Improvement of critical thinking skills based on N-Gain results by 93.65% of students get N-Gain with high criteria and 0.04% get N-Gain with moderate criteria (4) Cognitive learning results of students class XI MIPA 5 in MAN SURABAYA received a ≥ score of 75 declared complete with an average value of 86% and classic completion of 100% (5) The response to the learning model applied is an excellent guided incanity with a percentage of 98.3%.
Keywords: guided inkuiry, critical thinking skills, reaction rate