Berdasarkan wawancara dengan guru SMAN 1 Taman Sidoarjo, siswa mengalami kesulitan belajar dalam keterampilan menulis bahasa Jerman, antara lain peserta didik tidak tepat dalam menempatkan posisi kata kerja pada kalimat. Oleh karena itu diperlukan media untuk membantu peserta didik dalam keterampilan menulis bahasa Jerman. Media yang disajikan disini adalah media Reisen-Disc, yaitu media pembelajaran bahasa Jerman bertemakan Reisen. Media ini memiliki dua sisi yaitu sisi depan dan sisi belakang, terdapat gambar dan kalimat Perfekt untuk memudahkan peserta didik menulis karangan bahasa Jerman. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah efektifkah media Reisen-Disc untuk keterampilan menulis bahasa Jerman kelas XII SMAN 1 Taman Sidoarjo, sedangkan tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan efektivitas media Reisen-Disc dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman SMAN 1 Taman Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis uji coba. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII IBB SMAN 1 Taman Sidoarjo. Data penelitian berupa jawaban yang diperoleh dari lembar angket yang telah diisi peserta didik. Ada 6 aspek yang digunakan dalam angket efektivitas media Reisen-Disc untuk keterampilan menulis bahasa Jerman dan pada hasil penelitian menunjukkan bahwa 5 dari 6 aspek pada angket tersebut adalah 1) motivasi, 2) minat, 3) perhatian, 4) intelegensi, dan 5) kesehatan jasmani didapatkan hasil jawaban yang positif. Sebaliknya pada salah satu aspek yaitu bakat didapatkan hasil jawaban yang negatif, karena sesuai teori yang ada terbukti bahwa bakat setiap orang berbeda-beda. Sehingga disimpulkan bahwa pada umumnya media Reisen-Disc efektif digunakan untuk pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman dan dapat digunakan sebagai salah satu inovasi media pembelajaran untuk keterampilan menulis bahasa Jerman kelas XII SMA.
Kata Kunci : Media Reisen-Disc, Efektivitas, Keterampilan Menulis, Bahasa Jerman
Based on interviews with the teacher of SMAN 1 Taman Sidoarjo, the students have difficultes in learning the German writing skills, for the example is the students put the wrong position of the verbs into the sentence. In this case media is needed to help them to learn German writing skills. The media presented here is Reisen-Disc which is a German learning medium with a vacation theme. This medium has two sides, namely the front and back. There are pictures and perfect sentences that make it easier for students to write German essays. The formulation of the problem of this research: what is the effectiveness of Reisen-Disc for learning the German writing skills in the class XII SMAN 1 Taman Sidoarjo, while the aim of this research is to describe the effectiveness of Reisen-Disc for learning German writing skills in the class XII SMAN 1 Taman Sidoarjo. This examination is a part of the qualitative approach and the experimental examination. The data source of this research is the class XII IBB learners of SMAN 1 Taman Sidoarjo. The data of the research is an answer of questionnaires that filled in by students. There are 6 aspects used in the Reisen-Disc effectiveness questionnaires for learning German writing skills and the results of this research showed that 5 of the 6 aspects are 1) motivation, 2) interest, 3) attention, 4) intelligence, and 5) physical health obtained the positive answer. While on the aspects of talent obtained negative answers, because according to the theory, that everyone has a different talents. So it was concluded that in general Reisen-Disc was effectively used for learning German writing skills and can be used as one of the innovations medium to learn German writing skills in the class XII of high school.
Keywords : Reisen-Disc Media, Effectiveness, Writing Skills, German Language