Pendidikan Postmodern Anti Rasisme pada Siswa dan Mahasiswa di Blogosphere Surabaya
Postmodern Anti-Racism Education for Students and College Students in the Surabaya Blogosphere
Tujuan Penelitian ini pendidikan anti rasisme postmodernisme terhadap siswa dan mahasiswa Papua di blogosphere Surabaya, dengan menggunakan konsep dan teori postmodernisme dalam pendidikan dan metode analisi hacking. Teknik analisis data dengan mencermati statement-statement subjek dengan melakukan stimulus dalam bentuk konten video dan pernyataan melalu media online whatsapp group dan facebook group. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa, di whatsapp group melibatkan 20 partisipan namun 10 masih bisa melakukan diskusi dengan opini mereka dan yang lainya terlihat pasif, dari 10 tersebut rata-rata tidak memiliki kesadaran terhadap rasisme dan hanya sedikit yang memiliki kesadaran terhadap rasisme. Sementara di facebook group melibatkan 28 partisipan namun kurang dari 10 partisipan melalukan diskusi dengan berbagai opini terkait dengan rasisme. Selain itu, siswa dan mahasiswa mengalami rasisme diskursif: “monyet”, “bau” “ketertinggalan”, seperti “valak hantu luar Indonesia”, “Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) baik kekerasan rasisme melalui budaya maupun structural. Dari alogaritma memperlihatkan bawa Partisipan tidak sepenuhnya memiliki kemampuan untuk menggunakan media online sebagai ruang virtual untuk mediskusikan rasisme dalam rangka membagun kesadaran terhadap rasisme sendiri. Meskipun demikian, dar alogaritma memperlihatkan kalau sedikit daripada blogger masih bisa menggunakan media online secara efekttif dilihat dari stimulus yang telah diberikan.
Kata Kunci: Pendidikan Antirasisme, Rasisme, Postmodernisme, Blogosphere Surabaya.
The purpose of this study is postmodern anti-racism education for Papuan students and university students in the Surabaya blogosphere, using the concept and theory of postmodernism in education and hacking analysis methods. Data analysis techniques by observing subject statements by providing stimuli in the form of video content and statements through online media WhatsApp groups and Facebook groups. The results of the study showed that, in the WhatsApp group involving 20 participants but 10 were still able to discuss with their opinions and the others looked passive, of the 10 on average they did not have awareness of racism and only a few had awareness of racism. While in the Facebook group involving 28 participants but less than 10 participants had discussions with various opinions related to racism. In addition, students and university students experience discursive racism: "monkeys", "smell" "backwardness", such as "valak ghosts outside Indonesia", "Armed Criminal Group (KKB) both racist violence through culture and structure. The algorithm shows that participants do not fully have the ability to use online media as a virtual space to discuss racism in order to build awareness of racism itself. However, the algorithm shows that only a few bloggers can use online media effectively considering the stimulus that has been provided.
Keywords: Anti-racism Education, Racism, Postmodernism, Surabaya Blogosphere.