PENGARUH IKLAN DAN INFLUENCER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ITEM VIRTUAL PADA GAMES ONLINE MOBILE LEGENDS
THE EFFECT OF ADVERTISING AND INFLUENCER ON VIRTUAL ITEM PURCHASE DECISIONS IN MOBILE LEGENDS ONLINE GAMES
Pada era digital seperti saat ini, teknologi akan terus berkembang dengan cepat terutama perkembangan teknologi dalam bidang hiburan salah satunya adalah games. Games online yang banyak digemari adalah Mobile Legends, games ini memiliki hal yang menjadi faktor untuk menarik minat konsumen yaitu skin. Skin tidak mempengaruhi gameplay tetapi konsumen tetap melakukan pembelian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh iklan dan influencer terhadap keputusan pembelian skin Mobile Legends. Populasi penelitian ini merupakan konsumen yang pernah membeli skin Mobile Legends minimal 1 kali, pernah melihat iklan Mobile Legends di Instagram, pernah melihat konten influencer di Youtube dan berusia 16 sampai 34 tahun. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan judgmental sampling. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 100 responden. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda yang diolah dengan program IBM Statistic SPSS versi 20. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa iklan di Instagram berpengaruh terhadap keputusan pembelian dan influencer Youtube tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil tersebut, direkomendasikan kepada Mobile Legends untuk meningkatkan lagi kualitas promosi melelalui iklan agar lebih menarik dan inovatif, serta untuk influencer agar meningkatkan kualitas konten mereka supaya lebih informatif dan dapat dipercaya.
In the digital era as it’s today, technology will continue to develop rapidly, especially technological developments in the entertainment sector, one of which is games. The most popular online game is Mobile Legends, this game has a factor to attract consumer interest, namely skin. skins do not affect gameplay but consumers still make purchases. The purpose of this study was to determine the effect of advertising and influencers on the decision to purchase Mobile Legends skins. Consumers who have purchased a Mobile Legends skin, have seen Mobile Legends advertisements on Instagram, have seen influencer content on Youtube and are 16 to 34 years old. The sampling technique in this study used judgmental sampling. The sample used is 100 respondents. Analysis of the data used is multiple linear regression which is processed with the IBM Statistic SPSS version 20 program. The results of this study indicate that advertising has an effect on purchasing decisions and influencers have no effect on purchasing decisions. Based on these results, it is recommended for Mobile Legends to improve the quality promotions through advertising to make it more interesting and innovative, and for influencers to improve the quality of their content to make it more informative and trustworthy.