Pengembangan E-Book "Mengenal Keanekaragaman Bryophyta" untuk Melatihkan Literasi Digital
The Development of E-Book "Knowing Bryophyta Diversity" to Train Digital Literacy
Literasi digital merupakan kemampuan memahami dan menggunakan informasi yang dibutuhkan peserta didik dalam menghadapi pendidikan abad ke-21. Salah satu upaya untuk melatihkan literasi digital yaitu dengan e-book. Materi tumbuhan lumut bersifat rumit dan perlu dijelaskan menggunakan multimedia sehingga informasi yang diterima tidak salah konsep. Penelitian ini bertujuan menghasilkan e-book “Mengenal Keanekaragaman Bryophyta” untuk melatihkan literasi digital peserta didik secara teoretis dan empiris. Jenis penelitian pengembangan menggunakan model instruksional Fenrich yang terdiri dari tahap analisis, perencanaan, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi serta revisi yang dilakukan pada setiap tahapan. Kelayakan teoretis ditentukan berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh dua dosen pakar botani, dan satu dosen pakar pendidikan, sedangkan kelayakan empiris ditentukan berdasarkan hasil keterbacaan e-book yang menggunakan paragraph wacana sebanyak 100 kata dengan tiga kali pengulangan dan respons guru terhadap e-book yang dilakukan oleh 5 guru biologi SMA. Penyusunan e-book didasarkan pada tiga aspek penilaian yaitu aspek kelayakan penyajian, kelayakan isi, dan kelayakan bahasa. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi, lembar keterbacaan, dan angket respons guru. Parameter penelitian ini mencakup hasil validitas, uji keterbacaan dan respons guru yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan secara teoretis berdasarkan hasil validasi menunjukkan persentase sebesar 97,45% dengan interpretasi sangat valid, sedangkan kelayakan secara empiris berdasarkan hasil uji keterbacaan yang menunjukkan bahwa e-book sesuai digunakan untuk peserta didik kelas X SMA yaitu berada di level 10 dan hasil respons guru menunjukkan persentase sebesar 98,89% dengan interpretasi sangat layak. Dengan demikian, e-book “Mengenal Keanekaragaman Bryophyta” dinyatakan layak untuk melatihkan literasi digital.
Kata Kunci: E-book, Literasi Digital, dan Keanekaragaman Bryophyta.
Digital literacy is an ability to understand and use information needed by students in 21st-century education. Digital literacy can be trained using an e-book. Mosses plant are complex materials and need to be explained using multimedia so that the received information is not the wrong concept. This research aimed to produce an e-book of “Knowing Bryophyta Diversity” to train digital literacy theoretically and empirically. This was development research referring to the Fenrich instructional model which the stages are analysis, planning, designing, development, implementation, and evaluation and revision were done at each stage. The theoretical feasibility is determined based on the validation carried out by two botanists, and one educational expert. The empirical feasibility is determined based on the readability test using a paragraph of 100 words with three repetitions and the teacher's response conducted by five high school biology teachers. The e-book is arranged based on three aspects, namely aspects of presentation, content, and language feasibility. The research instrument used validation sheets, readability sheets, and teacher’s response questionnaires. This research parameter included validation, readability, and teacher's response that analyzed descriptively quantitatively. The results showed that the theoretical feasibility based on the validity reached 97,45% with a very valid category, while the empirical feasibility based on the readability that showed the e-book was suitable used for students of grade X that were at level 10, and the teacher responses reached 98,89% with a very feasible category. Thus, the e-book “Knowing Bryophyta Diversity” expressed feasible to train digital literacy.
Keywords: e-book, digital literacy, and knowing bryophyta diversity.