PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIKA SISWA
DEVELOPING REALISTIC MATHEMATICAL LEARNING DEVICE TO IMPROVE STUDENT MATHEMATICAL LITERACY
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan menghasilkan perangkat pembelajaran matematika realistik yang baik untuk meningkatkan literasi matematika siswa, serta mendeskripsikan keefektifan pembelajaran matematika realistik untuk meningkatkan literasi matematika siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), dan Tes Literasi Matematika (TKL). Perangkat pembelajaran
dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan oleh Plomp yang terdiri atas tiga tahap yaitu tahap tahap penelitian awal (preliminary research); tahap perancangan model (prototyping phase); dan tahap penilaian (assessment phase). Dalam masa pandemi virus Covid-19, peneliti mengambil subjek 20 siswa yang terbagi menjadi 3 kelompok untuk kelas uji coba perangkat pembelajaran dan 35 yang terbagi menjadi 5 kelompok untuk kelas implementasi Dalam penelitian ini meggunakan analisis deskritif.
Berdasarkan analisis deskriptif pada kelas implementasi diperoleh bahwa pembelajaran matematika realistik efektif untuk meningkatkan literasi matematika siswa. Hal ini dapat dilihat pada aspek kualitas pembelajaran, kesesuaian tingkat pembelajaran, insentif, dan waktu yang digunakan sudah sesuai dengan perencanaan yang telah disusun pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), serta pembelajaran matematika realistik meningkatkan literasi matematika siswa tercapai.
This study aims to describe the development process and produce realistic mathematics learning tools that are good for improving students 'mathematical literacy, as well as to describe the effectiveness of realistic mathematics learning to improve students' mathematical literacy.
This type of research is development research. The learning tools developed in this study are the Learning Implementation Plan (RPP), Student Worksheets (LKS), and Mathematical Literacy Tests (TKL). Learning tools are developed using the development model by Plomp which consists of three stages, namely the preliminary research stage; the model design stage (prototyping phase); and the assessment phase. During the Covid-19 virus pandemic, researchers took the subject of 20 students who were divided into 3 groups for class trials of learning devices and 35 which were divided into 5 groups for implementation classes. In this study, using descriptive analysis.
Based on the descriptive analysis in the implementation class, it was found that realistic mathematics learning was effective in improving students' mathematical literacy. This can be seen in the aspects of the quality of learning, the suitability of the level of learning, incentives, and the time used are in accordance with the planning that has been prepared in the lesson plan (RPP), as well as realistic mathematics learning to improve students' mathematical literacy is achieved.