Analisis Keaktifan Belajar Melalui Tipe Kepribadian Peserta Didik Pada Program Komunitas Paket B Kelas IX Di Homeschooling Kak Seto Surabaya
Analysis Of Learning Activity Through Students' Personality Types In The Class IX Package B Community Program At Kak Seto Homeschooling Surabaya
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan dan menganalisis keaktifan belajar peserta didik program komunitas; 2) Mendeskripsikan dan menganalisis keaktifan belajar peserta didik melalui tipe kepribadian ekstrovert dan intovert; 3) Mendeskripsikan dan menganalisis faktor – faktor yang memengaruhi keaktifan belajar peserta didik. Pendekatan yang digunakan di dalam penelitian ialah kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik pengumpulan data melaui proses observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan analisis data dengan menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta terakhir penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan keaktifan belajar antara peserta didik tipe kepribadian ekstrovert dan tipe kepribadian introvert.
Setiap peserta didik baik yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert maupun introvert menunjukkan keaktifan belajar dengan caranya masing – masing.Peserta didik tipe kepribadian ekstrovert aktif dalam kegiatan visual yang bersifat dinamis, menyukai kegiatan verbal seperti berdiskusi, menyukai pembelajaran dengan audio-verbal, aktif dalam mencatat jawaban, berani dalam menjawab tutor, dan bersikap terbuka. Peserta didik tipe kepribadian introvert menyukai pembelajaran yang tenang, aktif dalam kegiatan verbal apabila didorong, memiliki cara belajar audio-visual, aktif dalam mencatat jawaban, memiliki daya ingat tinggi mengenai tema materi, dan memiliki kontrol emosi tertutup. Selain disebabkan oleh adanya perbedaan karakter pada setiap peserta didik. Tingkat keaktifan belajar peserta didik juga dipengaruhi oleh bebarapa faktor lain. Faktor – faktor tersebut diantaranya yaitu, pertama adanya perbedaan karakter setiap peserta didik. Kedua, adanya motivasi belajar. Ketiga, adanya lingkungan belajar yang nyaman. Keempat, adanya metode pembelajaran yang menyenangkan. Maknanya, keaktifan belajar pada peserta didik dapat dipengaruhi oleh faktor internal, faktor eksternal, dan faktor pendekatan belajar.
Kata Kunci : Keaktifan Belajar, Ekstrovert, Introvert
This research aims to 1) Describe and analyze the active learning of community program students; 2) Describe and analyze students' active learning through extrovert and introvert personality types; 3) Describe and analyze the factors that influence students' active learning. The approach used in the research is descriptive qualitative. The research was carried out using data collection techniques through the process of observation, interviews and documentation. Researchers use data analysis using data collection, data reduction, data presentation, and finally drawing conclusions and verification. The results of this research are that there are differences in learning activity between students with extrovert personality types and introvert personality types.
Every student, whether they have an extrovert or introvert personality type, shows active learning in their own way. Extrovert personality type students are active in dynamic visual activities, like verbal activities such as discussions, like audio-verbal learning, are active in recording answers, are brave in answering tutors, and have an open attitude. Introverted personality type students like quiet learning, are active in verbal activities when encouraged, have an audio-visual way of learning, are active in recording answers, have a high memory regarding material themes, and have closed emotional control. Apart from being caused by the differences in character of each student. The level of students' active learning is also influenced by several other factors. These factors include, firstly, the differences in the character of each student. Second, there is motivation to learn. Third, there is a comfortable learning environment. Fourth, there are fun learning methods. This means that students' active learning can be influenced by internal factors, external factors and learning approach factors.
Keywords: Student Learning Activeness, Extroverted Personality Type, Introverted Personality Type