Menulis merupakan melukiskan lambang-lambang grafik yang manggambarkan suatu bahasa. Berdasarkan wawancara dengan seorang guru bahasa Jerman di SMAN 1 Driyorejo didapatkan hasil bahwa pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman masih konvensional dan kurang menarik bagi peserta didik. Oleh karena itu diterapkan media gambar seri untuk keterampilan menulis karangan sederhana bahasa Jerma peserta didik kelas XI SMAN 1 Driyorejo. Media gambar seri adalah gambar cerita yang berturut-turut berdasarkan topik yang terdapat pada gambar. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan media gambar berseri untuk keterampilan menulis karangan sederhana bahasa Jerman siswa kelas XI SMAN 1 Driyorejo. Tujuan dari penelitian ini merupakan mendeskripsikan proses penerapan media gambar berseri untuk keterampilan menulis karangan sederhana bahasa Jerman siswa kelas XI SMAN 1 Driyorejo. Data dari penelitian ini berupa lembar observasi aktivitas siswa. Penelitian ini dilakukan selama 3 kali pertemuan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media gambar seri bias diterapkan dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman. Pada pertemuan pertama presentase frekuensi aktivitas siswa diperoleh 99%, pada pertemuan kedua diperoleh 100% dan pada pertemuan ketiga diperoleh 100%. Oleh karena itu, media gambar seri dapat dijadikan alternative pada pembelajaran pada pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman.
Kata kunci : keterampilan menulis, media gambar seri, karangan sederhana
Writing is about how language can be transfered through a dipiction of symbols. Based on interviews with a teacher language of Germany at SMAN 1 Driyorejo that, writing skills on Germany language still looks not very attractive to learners. That’s why teachers tend to use conventional methode, where teachers become the Centre of learning and causes students are easily bored. As an alternative to follow up these issues, the writer applies the learning media picture series for Germany writing skills. According to KBBI (2008:409) image is a tool of limitation whether it, animals, plants and so on. Media images of the series are the picture story in a row based on the topics contained in the image. The problem of this study, is how application of media images in a series as a simple Germany writing skills for students class XI SMAN 1 Driyorejo. The purpose of this study is to describe the process of the application of media images in a series for a simple Germany writing skills for students class XI SMAN 1 Driyorejo. Data from this research is activity observation form students. This research is conducted for 3 times. Based on the results of the study shows results that at the first meeting of the frequency of the activity of the students who appear during the process of learning the language of Germany can be categorized as a good result with score is 99%. On the second and third meetings the process of learning by using media images shows there is an increase and reach 100%.
Keyword: writing skills, media images of the series, writing a simple