ABSTRAK
PENGEMBANGAN MEDIA SKETCHUP DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA
MATERI MENGGAMBAR DETAIL
KUSEN PINTU DAN JENDELA
KELAS XI DPIB DI SMK NEGERI 2 BOJONEGORO
Nama
:
Ali Ando Ryan Tama
NIM
: 14050534010
Program
Studi : S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Jurusan
: Teknik Sipil
Fakultas
: Teknik
Lembaga
: Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing
: Krisna Dwi Handayani, S . T., M.MT., M.T.
Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media Sketchup , ketuntasan belajar siswa
dan keterlaksanaan pembelajaran terhadap pengembangan media sketchup dengan model pembelajaran project based learning .
Jenis
penelitian ini adalah Research and
Development (R&D) . Subjek
penelitian adalah siswa kelas XI DPIB 1 SMK Negeri 2 Bojonegoro tahun ajaran
2018/2019 yang berjumlah 30 siswa dan Objek dalam penelitian ini adalah media sketchup dengan materi menggambar
detail kusen pintu dan
jendela .Instrumen penelitian yang digunakan
adalah lembar validasi kelayakan media sketchup ,
lembar tes kinerja, keterlaksanaan media sketchup
dengan model pembelajaran project
based learning . Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kelayakan
media sketchup , analisis
ketuntasan belajar,
analisis keterlaksanaan pembelajaran.
Hasil
prosentase kelayakan media sketchup rata-rata
sebesar 83,85% dengan kategori sangat layak; nilai rata-rata ketuntasan belajar
siswa pada aspek keterampilan (psikomotorik) pada pertemuan 1 memperoleh nilai
rata-rata 71,03 dengan kategori baik; pada pertemuan 2 memperoleh nilai
rata-rata 77,73 dengan kategori baik dan pada pertemuan 3 memperoleh nilai
rata-rata 84,30 dengan kategori baik; prosentase rata-rata hasil keterlaksanaan
pembelajaran sebesar 86,83% dengan kategori sangat baik. Media sketchup
sangat layak dan ditunjang dengan keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan
oleh guru dengan meminta siswa untuk membuat rencana proyek, serta
keterlaksanaan pembelajaran oleh siswa melalui kegiatan siswa membuat jadwal
dalam pengerjaan tugas proyek terlaksana dengan sangat baik. Kondisi ini
mendukung sebagian besar siswa telah tuntas menggambar detail kusen pintu dan
jendela setelah siswa mendapat pengalaman sebelumnya yang diberikan oleh guru
melalui bantuan media sketchup .
Kata
Kunci : Media Sketchup , Project Based Learning , Ketuntasan Belajar.