MEDIA PEMBELAJARAN RÄTSELBUCH UNTUK KETERAMPILANMEMBACA KELAS X
RÄTSELBUCH LEARNING MEDIA FOR READING SKILLS CLASS X
Keterampilan membaca adalah keterampilan paling dasar dalam mempelajari suatu bahasa, khususnya Bahasa Jerman. Namun kegiatan membaca seringkali dianggap membosankan karena hanya berisi tulisan dan kalimat yang sulit dimengerti. Artikel ilmiah ini bertujuan untuk membuat penunjang/ media yang dapat diaplikasikan oleh peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Jerman. Media tersebut bernama Rätselbuch. Rätsel berarti teka-teki dan buch berarti buku. Rätselbuch merupakan buku panduan berupa permainan teka-teki, susun kata dan puzzle yang dapat mengasah otak peserta didik dengan harus menyusun beberapa kalimat dengan cara membaca terlebih dahulu peraturan dan potongan kata yang akan disusun. Sumber data atau materi yang akan digunakan ke dalam media Rätselbuch berasal dari buku ajar Deutsh der erste Kontakt karya Renika Veronika, dkk. Materi yang digunakan bertema Kennenlernen atau pengetahuan dasar tentang Jerman dengan subtema Sich vorstellen yang berarti perkenalan diri sendiri dan Andere vorstellen yang berarti memperkenalkan orang lain. Artikel ilmiah ini menggunakan metode artikel ilmiah pengembangan berdasarkan teori Sadiman yang berawal pada (1) Analisis kesulitan peserta didik, (2) Merumuskan tujuan, (3) Merumuskan materi, (4) mengembangkan alat ukur keberhasilan, (5) Menulis naskah media dan berakhir pada (6) Revisi dan validasi media Rätselbuch. Hasil yang diperoleh yaitu 91% dengan kriteria sangat valid dari validator materi pertama dan skor 72% dengan kriteria cukup valid dari validator materi kedua. Sedangkan untuk segi visual dan desain media, diperoleh nilai 66% dengan kriteria cukup valid dari validator ahli media.
Kata Kunci: Media Rätselbuch, Pengembangan, Keterampilan Membaca, Bahasa Jerman
Reading skills are the most basic skills in learning a language, especially German. However, reading activities are often considered boring because they only contain writing and sentences that are difficult to understand. This scientific article aims to create a support / media that can be applied by students in learning German. The media is named Rätselbuch. Rätsel means puzzle and buch means book. Rätselbuch is a guide book in the form of riddles, word arrangement and puzzle games that can sharpen students' brains by having to compose several sentences by reading the rules and word pieces to be compiled first. The source of the data or material to be used in the Rätselbuch media comes from the textbook Deutsh der erste Kontakt by Renika Veronika, et al. The material used is the theme of Kennenlernen or basic knowledge of Germany with the sub-theme of Sich vorstellen which means self-introduction and Andere vorstellen which means introducing others. This scientific article uses the scientific article development method based on Sadiman's theory which begins in (1) Analyzing the difficulties of students, (2) Formulating objectives, (3) Formulating material, (4) developing measuring tools for success, (5) Writing media texts and ending in (6) Revision and validation of the Rätselbuch media. The results obtained are 91% with very valid criteria from the first material validator and a score of 72% with quite valid criteria from the second material validator. Meanwhile, in terms of visual and media design, a score of 66% was obtained with quite valid criteria from the media expert validator.
Keywords: Rätselbuch, Development, Reading Skills, German Language