Hubungan Persepsi Dukungan Organisasi Dan Keterikatan Kerja Pada Guru
The Relationship Between Perceived Organizational Support And Work Engagement In Teachers
Guru memiliki tugas dan tuntutan yang kompleks, sehingga penting bagi guru untuk memiliki semangat, dedikasi serta keterlibatan penuh agar dapat bekerja dengan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi dukungan organisasi dan keterikatan kerja pada guru. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasi dengan teknik sampling jenuh. Total responden yang terlibat pada penelitian ini berjumlah 79 guru meliputi 30 guru sebagai responden uji coba skala dan 49 guru sebagai responden penelitian. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen berupa skala persepsi dukungan organisasi dan skala keterikatan kerja. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji korelasi product moment yang menghasilkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,734 (r=0,734) dengan nilai signifikansi 0,000 (p<0,05). Hasil pengolahan data ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan. Hal ini dapat diartikan bahwa semakin positif persepsi dukungan organisasi yang dirasakan guru, maka akan semakin tinggi pula keterikatan kerja pada guru. Begitu pula sebaliknya, semakin negatif persepsi dukungan organisasi yang dirasakan guru makan akan semakin rendah pula keterikatan kerja pada guru.
Teachers have complex tasks and demands, so it is important for teachers to have enthusiasm, dedication and full involvement in order to work optimally. This study aims to determine the relationship between perceived organizational support and work engagement in teachers. The method used in this research is a quantitative correlation method with saturated sampling technique. The total respondents involved in this study were 79 teachers, including 30 teachers as scale test respondents and 49 teachers as research respondents. Data collection was carried out using instruments in the form of perceived organizational support scales and work engagement scales. The data obtained were then analyzed using the product moment correlation test which resulted in a correlation coefficient value of 0.734 (r=0.734) with a significance value of 0.000 (p<0.05). The results of this data processing show that there is a significant positive relationship. This can be interpreted that the more positive the perceived organizational support by teachers, the higher the work engagement of teachers. Vice versa, the more negative the perceived organizational support felt by teachers, the lower the work engagement in teachers.