MANAGEMENT OF FACILITIES AND INFRASTRUCTURE IN ONLINE LEARNING
Pengelolaan sarana dan prasarana pada pembelajaran daring adalah kegiatan yang dilakukan agar pelaksanaan pembelajaran daring berjalan lancar dengan melalui tahapan perencanaan, pengadaan, danĀ pemanfaatan secara maksimal sarpras yang diberikan lemdik sebagai penunjang pembelajaran jarak jauh. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan (Library Research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan buku, makalah atau artikel, jurnal dan sebagainya. Hasil dari review menunjukkan bahwa pelakasanaan pembelajaran daring masih belum maksimal. Hal ini dikarenakan terdapat adanya hambatan penyelenggaraan tata kelola sarpras. Hambatan tersebut yaitu, adanya keterbatasan penguasaan teknologi media komunikasi dan ketersediaan kuota internet. Sistem informasi pembelajaran yang paling banyak digunakan dalam pembelajaran daring yaitu WhatsApp dan Google Classroom karena aplikasi ini mudah dalam memberikan pelayanan bagi pengguna. Untuk upaya dan tindakan yang dapat diambil yaitu dengan menyediakan dan memperbaiki fasilitas pendukung pembelajaran, serta memberikan pelatihan, pendampingan manajemen pembelajaran jarak jauh dan pemanfaatan media pembelajaran daring kepada pimpinan lemdik dan tendik.
Kata kunci : sarpras, teknologi informasi, pembelajaran daring
The management of facilities and infrastructure in online learning is an activity carried out so that the implementation of online learning runs smoothly through the stages of planning, procurement, and maximum utilization of facilities and infrastructure provided by the school as a support for distance learning. The research method used is library research method. Data collection techniques used are documentation, namely looking for data on things or variables in the form of book notes, papers or articles, journals and so on. The results of the review show that the implementation of online learning is still not maximized. This is because there are obstacles to the management of facilities and infrastructure. These obstacles are limited mastery of communication media technology and availability of internet quota. The most widely used learning information systems in online learning are WhatsApp and Google Classroom because the application is easy to provide services for users. For efforts and actions that can be taken by providing and improving learning support facilities, as well as providing training, mentoring distance learning management and utilization of online learning media to principals and teachers.
Keywords : facilities and infrastructure, information technology, online learning