Penerapan Metode Pembelajaran Time Token dalam Penyusuanan Pola Kalimat Bahasa Jepang Siswa Kelas X UPW SMKN 10 Surabaya
Abstak
Penelitian ini merupakan penelitian yang membahas tentang deskripsi penerapan metode pembelajaran time token terhadap pembelajaran penyusunan pola klaimat bahasa Jepang siswa kelas X UPW 2 SMKN 10 Surabaya. Metode yang diterapkan oleh peneliti yaitu menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dalam pengampilan sampel peneliti menggunakan teknik snowball sampling yang akhirnya didapat sebanyak 12 responden. Dalam pengambilan data, peneliti menggunakan teknik observasi partisipan terhadap kegiatan pembelajaran siswa dan menggunakan angket respon siswa. Pengambilan data dilakukan secara video call melalui apllikasi whatssapp.
Tujuan dari penelitian ini yaitu terdiri dari dua point yaitu: (1) peneliti ingin mengetahui penerapan metode pembelajaran time token terhadap penyusunan pola kalimat bahasa Jepang siswa kelas X UPW 2 SMKN 10 Surabaya tahun ajaran 2019/2002. Dan (2) peneliti ingin mengetahui respon dari siswa terhadap penerapan metode pembelajaran time token pada pembelajaran penyusuna n pola kalimat pada siswa kelas X UPW 2 SMKN 10 Surabaya tahun ajaran 2019/2020.
Latar belakang dari penelitian ini didasari oleh hasil wawancara terhadap guru bahasa Jepang dan siswa kelas X UPW 2 Surabaya tentang permasalahan yang dialami saat belajar pola kalimat . Sehingga peneliti berinisiatif untuk menerapkan metode pembelajaran time token untuk memudahkan siswa dalam belajar pola kalimat.
Hasil dari penelitian ini yaitu menjelaskan tentang penerapan metode pembelajaran time token pada pembelajaran pola kalimat. Penerapan metode pembelajaran time token yaitu dengan cara siswa turut aktif dalam pembelajaran dengan cara menjawab soal yang diberikan oleh guru dengan cara memaparkan di depan kelas dengan dibatasi oleh waktu yang telah ditentukan. Selain itu siswa juga diminta untuk memberikan saran terhadap pemaparan yang disampaikan oleh siswa yang lain. Sehingga, dalam metode ini seluruh siswa dapat menyampaikan pendapatnya . Berdasarkan hasil observasi dari kegiatan siswa, didapat hasil bahwa metode pembelajaran time token berjalan dengan baik.
Respon siswa terhadap penerapan metode pembelajaran time token terhadap pembelajaran penyusunan pola kalimat pada siswa kelas X UPW SMKN 10 Surabaya tahun ajaran 2019/2020 didapatkan hasil respon yang positif. Berdasarkan hasil dari dari angket respon siswa yang di dalamnya juga disertai dengan alasan dari siswa pada setiap dari jawaban yang diberikan. Berdasarkan alasan yang dikemukakan oleh siswa, disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran time token sangat menyenangkan dan menarik dan membantu siswa dalam menyusun pola kalimat.
Kata Kunci : Metode Pembelajaran time token, pola kalimat, penerapan dan respon
Abstract
This research is a study that discusses the description of the application of the time token learning method to the learning of the preparation of the Japanese language claim pattern in class X UPW 2 SMKN 10 Surabaya. The method applied by researchers is using qualitative descriptive methods. In the appearance of the sample, the researcher used a snowball sampling technique which finally got 12 respondents. In collecting data, researchers used participant observation techniques on student learning activities and used student response questionnaires. Data is collected by video call through the Whatsapp application.
The purpose of this study consists of two points, that is: (1) the researcher wants to know the application of the time token learning method to the preparation of Japanese sentence patterns in class X UPW 2 students of SMKN 10 Surabaya in 2019/2002 school year. And (2) the researcher wants to know the response of students to the application of the time token learning method in the learning of sentence patterns in class X UPW 2 of SMKN 10 Surabaya in the academic year 2019/2020.
The background of this research is based on the results of interviews with Japanese language teachers and students of class X UPW 2 Surabaya about the problems experienced when learning sentence patterns. So the researchers took the initiative to apply the time token learning method to facilitate students in learning sentence patterns.
The results of this study are explaining the application of time token learning methods in sentence pattern learning. The application of the time token learning method is using students actively participating in learning by answering the questions given by the teacher by describing it in front of the class by being limited by a predetermined time. Besides, students are also asked to provide advice on the presentation delivered by other students. So, in this method, all students can express their opinions. Based on observations from student activities, the results show that the time token learning method works well.
Student responses to the application of the time token learning method to the learning of the preparation of sentence patterns in class X UPW SMKN 10 Surabaya school year 2019/2020 obtained positive response results. Based on the results of the student response questionnaire which is also accompanied by a reason from students on each of the answers given. Based on the reasons put forward by students, it was concluded that learning using the time token learning method was very fun and interesting and helped students in developing sentence patterns.
Keywords: Time Token Learning Method, sentence patterns, application and response