Perancangan Buku Kumpulan Lagu Nasional untuk Siswa SD
National Song Book Design for Elementary School Student
Menyanyikan lagu nasional merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan sikap nasionalisme. Sayangnya ditemukan siswa yang minim pengetahuan akan lagu nasional Indonesia. Ditambah media yang minim dalam mengenalkan lagu nasional pada siswa. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses perancangan sebuah media berupa buku untuk mengenalkan lagu nasional kepada siswa. Dengan manfaat memudahkan siswa dalam mengenal lagu nasional Indonesia Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mengumpulkan data yang relevan kemudian data dianalisis dengan teknik 5W+1H. Untuk perancangan dilakukan mulai tahap identifikasi data, analisis, konsep, hingga visualisasi desain. Hasil perancangan berupa buku berukuran A5 yang berisi kumpulan lagu nasional sebanyak 25 buah, dilengkapi dengan informasi dan nilai moral dalam lagu tersebut yang memperhatikan aspek visual. Buku yang telah dicetak divalidasi oleh kepala SD dan memperoleh skor 96,6% (sangat valid). Kemudian buku diujicobakan pada siswa SD dan mendapat feedback positif. Buku kumpulan lagu ini dapat membantu dalam mengenal lagu nasional Indonesia bagi siswa SD.
Singing the national songs is a one way to increase nationalism’s attitude. Unfortunately, there are found some students that have lack knowledge of the Indonesian national song. And there not much media that introducing the national song to students. Therefore, the goals of this study is to describe the process of designing a media which is a book to introduce the national song to students. With benefit to make students recognize the Indonesian national songs. This study used qualitative methods to collect relevant data and then the data were analyzed using the 5W+1H technique. The design is starting from the problem identification stage, analysis, concept, to design visualization. The final design is an A5-sized book containing a collection of 25 national songs, equipped with information and moral values in the song, also pay attention to the visual aspect. The book's design was validated by the principal and obtained a score of 96.6% (very valid). Then the book was tested and received positive feedback from students. This song book can help in recognizing the Indonesian national songs for elementary school students.