PENGARUH SERTIFIKASI HALAL DAN KESADARAN HALAL TERHADAP NIAT PEMBELIAN PRODUK MAKANAN HALAL DI SURABAYA
Halal telah menjadi bagian dari life style di dunia, sehingga peningkatan industri halal global juga semakin pesat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sertifikasi halal dan kesadaran halal terhadap niat pembelian produk makanan halal. Penelitian termasuk dalam jenis kuantitatif dengan sampel sebanyak 105 responden beragama Islam. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling Pengumpulan data menggunakan kuesioner empat poin skala likert yang kemudian dianalisis dengan teknik regresi linier berganda menggunakan program SPSS 23.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel sertifikasi halal dan kesadaran halal berpengaruh positif terhadap niat pembelian produk makan halal di Kota Surabaya. Sedangkan secara simultan kedua variabel tersebut yaitu sertifikasi halal dan kesadaran halal juga memiliki pengaruh positif terhadap niat pembelianprodukmakanan halal di Kota Surabaya.
Kata Kunci : sertifikasi halal, sertifikasi halal, niat beli
THE EFFECTS OF HALAL CERTIFICATION AND HALAL AWARENESS ON PURCHASE INTENTION OF HALAL FOOD PRODUCTS IN SURABAYA
Halal has become a part of life style in the world, so that the increase in the global halal industry is also rapidly increasing. This study aims to determine the effect of halal certification and halal awareness on the intention to purchase halal food products. This study is belonging to the quantitative type with a sample of 105 Muslim respondents. Sampling technique using accidental sampling, data collection using a four-point Likert scale questionnaire which was then analyzed with multiple linear regression techniques using of SPSS 23 program.
The results of this study indicate that partially halal certification variables and halal awareness have a positive effect on purchase intentions of halal food products in the city of Surabaya. Meanwhile, the two variables simultaneously, namely halal certification and halal awareness also have a positive influence on the intention to purchase halal food products in the city of Surabaya.
Keywords : halal certification, halal certification, purchase intention