ABSTRAK
Rahman, Zeinor. 2020. Pengaruh model
pembelajaran blended learning dan kemandirian belajar terhadap kompetensi siswa
pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital di SMK Negeri 1 Kamal
Bangkalan . Tesis, Program Studi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program
Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing 1 Prof. Dr. Ismet
Basuki, M.Pd. dan II Dr. Meini Sondang Sumbawati, M.Pd.
Kata-kata
Kunci:
Model Pembelajaran Blended Learning , Kemandirian Belajar, Kompetensi
Siswa.
Kualitas
kegiatan pembelajaran dipengaruhi oleh model pembelajaran yang tepat untuk
meningkatkan kemandirian belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk
menganalisis kompetensi inti sikap, kompetensi inti pengetahuan dan kompetensi inti
keterampilan bagi siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran blended
learning dan direct instruction , menganalisis kompetensi inti sikap,
kompetensi inti pengetahuan dan kompetensi inti keterampilan bagi siswa yang
memiliki kemandirian belajar tinggi dibanding siswa yang memiliki kemandirian
belajar rendah, menganalisis interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan
kemandirian belajar terhadap kompetensi inti sikap, kompetensi inti pengetahuan
dan kompetensi inti keterampilan.
Jenis
penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu Quasi eksperimental research yang terdiri dari dua kelompok, yaitu
kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. kelas eksperimen dan kelas kontrol
diberikan pretest dan posttest dengan menggunakan alat tes yang
sama serta angket kemandirian belajar. Data dikumpulkan melalui instrumen tes,
angket, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini pada
siswa kelas X TKJ yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran blended
learning terdapat perbedaan secara signifikan kompetensi inti sikap skor
rata-rata siswa model blended learning sebesar 82,63 direct
instruction sebesar 68,53, kompetensi inti pengetahuan skor rata-rata model
blended learning sebesar 87,2 direct instruction sebesar 68,43 dan
kompetensi inti keterampilan blended learning sebesar 86,63 direct
instruction sebesar 67,3 dengan kesimpulan model blended learning sangat
signifikan dibandingkan model direct instruction .