Familiaritas Guru IPA terhadap High Order Thinking Skill dalam Pembelajaran
High Order Thinking Skill (HOTS) merupakan suatu proses berpikir siswa dalam level kognitif yang lebih tinggi dari berbagai konsep dalam taksonomi pembelajaran yang telah ditemukan. HOTS mampu meningkatkan kemampuan berpikir siswa pada level yang lebih tinggi. Guru mempunyai peran sangat penting dalam menjadikan siswa terampil dalam memecahkan masalah sehingga guru diwajibkan untuk menerapkan pembelajaran yang dapat melatih siswa berpikir tingkat tinggi (HOTS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui familiaritas guru IPA tentang High Order Thinking Skills dalam kegiatan pembelajaran. Partisipan dalam penelitian ini adalah 9 guru IPA yang berasal dari SMP Muhammadiyah se-Kabupaten Jombang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survey berupa instrument yaitu tes dan angket yang dikembangkan oleh Erman (2020). Hasil analisis data menunjukkan bahwa pengalaman guru mengajar HOTS pada pembelajaran IPA sudah cukup baik karena hampir semua aspek pertanyaan mendapatkan persentase lebih dari 50% kecuali pada hasil pembelajaran, 80% guru sudah mengenal HOTS dengan baik namun mereka masih belum dapat membedakan kegiatan pembelajaran yang melibatkan HOTS. Hal ini dilengkapi dengan hasil tes dimana 70% siswa dapat mengerjakan soal dengan tingkatan C1,C2 dan C4 dengan baik namun masih kesulitan dalam menjawab pertanyaan pada tingkatan C5 dan C6. Guru juga belum memahami pentingnya refleksi pada akhir pembelajaran dan mengalami kebingungan saat menjelaskan kegiatan yang dapat meningkatkan HOTS.
High Order Thinking Skils (HOTS) is a thinking process of students at a cognitive level that is higher than the various concepts and methods in the existing learning taxonomy thats fond. HOTS is able to improve the thinking skills of students at a higher level. Teachers have a very important role in making students skilled in solving problems so that they are required to be able to apply learning that can train students to think at higher levels (HOTS). This study aims to determine the familiarity of science teachers about High Order Thinking Skills in learning activities. Participants in this study were 9 science teachers from Muhammadiyah Junior High Schools in Jombang Regency. This study used a descriptive research method by analyzing survey results in the form of instruments, namely tests and questionnaires developed by Erman (2020). The results of the data analysis show that the experience of HOTS teaching teachers in science learning is quite good because almost all aspects of the questions get a percentage of more than 50% except for learning outcomes, 80% of teachers already know HOTS well but they are still unable to distinguish learning activities involving HOTS . This is complemented by the test results where 70% of students can do the questions at levels C1, C2 and C4 well but still have difficulty answering questions at levels C5 and C6. Teachers also do not understand the importance of reflection at the end of learning and experience confusion when explaining activities that can increase HOTS.