Hubungan Antara Konformitas Teman Sebaya Dengan Perilaku Bulliying Siswa SMP
The Relationship Between Peer Conformity and Bullying Behavior in Middle School Students
Penelitian ini dilatar belakangi oleh maraknya kasus perilaku bulliying pada remaja yang salah satu penyebabnya adalah konformitas teman sebaya, terutama di sekolah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada hubungan antara konformitas teman sebaya dengan perilaku bulliying siswa SMP, lokasi penelitian di SMP Negeri 2 Puri Mojokerto. Responden yang digunakan adalah kelas VII dan VIII jumlah sampel 158 siswa. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik sumpling jenuh menggunakan bantuan SPSS 17.0 for windows. Instrument yang digunakan yaitu skala konformitas dan perilaku bulliying dengan menggunakan angket/kuisioner. Pada analisis ini menggunakan rumus Analisis Korelasi Product Moment dengan menggunakan SPSS 17.0 for windows, peneliti melakukan uji analisis terhadap 158 siswa dengan hasil 0,000 signifikan kurang dari 0,05 atau p<0,05. Pengujian hipotesis menghasilkan koefisien korelasi sebesar -0,363 antara variabel konformitas dan perilaku bulliying, untuk menguji hipotesis menggunakan Product Moment Pearson, menunjukkan korelasi negatif yang rendah antara variabel x dan y. Jadi terdapat hubungan yang signifikan antara konformitas teman sebaya dengan perilaku bulliying siswa sehingga berkorelasi negatif namun rendah.
Kata kunci : Konformitas teman sebaya, Perilaku bulliying.
This research is motivated by the rise of cases of bullying behavior in adolescents, one of the causes of which is peer conformity, especially at school. The purpose of this study was to find out whether there is a relationship between peer conformity and bullying behavior of junior high school students, the research location is SMP Negeri 2 Puri Mojokerto. The respondents used were class VII and VIII with a total sample of 158 students. This research method is quantitative with saturated sampling technique using SPSS 17.0 for Windows. The instrument used is the conformity scale and bullying behavior using a questionnaire. In this analysis using the Product Moment Correlation Analysis formula using SPSS 17.0 for windows, the researcher conducted an analysis test on 158 students with a result of 0.000 which was significantly less than 0.05 or p<0,05. Hypothesis testing produces a correlation coefficient of -0.363 between the variables of conformity and bullying behavior, to test the hypothesis using Pearson's Product Moment, showing a low negative correlation between the x and y variables. So there is a significant relationship between peer conformity and student bullying behavior so that it has a negative but low correlation.
Key word : Conformity, Bullying behavior