PENERAPAN OPEN-ENDED PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
APPLICATION OF OPEN-ENDED MATHEMATICS LEARNING TO INCREASE CREATIVITY AND LEARNING OUTCOMES OF ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS
Setyawati, Wiwik Endang. 2021. Penerapan Open-Ended Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, Pembimbing: (1) Dr. Wiryanto, M.Si., (2) Rooselyna Ekawati, S.Sc., M.Si., Ph.D.
Kata-kata kunci: Pendekatan Open-Ended, Kreativitas, Hasil Belajar
Kreativitas merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki dan ditingkatkan oleh siswa oleh siswa pada abad 21. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menerapkan pendekatan open-ended pada materi volume balok untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa. Dengan adanya peningkatan kreativitas siswa, diharapkan juga dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan peningkatan kreativitas matematika siswa kelas V dengan menggunakan pendekatan Open-Ended; (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas V dengan menggunakan pendekatan Open-Ended.
Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment yang memakai rancangan one group pretest-posttest design, yaitu eksperimen yang hanya dilakukan pada satu kelompok tanpa adanya kelompok pembanding. Sampel penelitian terdiri dari 30 siswa kelas V sekolah dasar. Teknik analisis data menggunakan N Gain Score.
Penelitian ini menghasilkan data tentang peningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan kreativitas siswa dapat dilihat dari hasil pretest dan posttest. Berdasarkan hasil perhitungan gain score menunjukkan nilai sebesar 0,72 atau terjadi peningkatakn sebanyak 72% yang tergolong peningkatan kategori tinggi. Pada tes hasil belajar, juga tejadi peningkatan ketuntasan belajar siswa dari 10% menjadi 87%. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa (1) pendekatan Open-Ended dapat digunakan untuk meningkatkan kreativitas matematika siswa dari kategori cukup kreatif menjadi kreatif dan sangat kreatif; (2) pendekatan Open-Ended dapat meningkatkan hasil belajar siswa, yaitu sebesar 77% yang diambil dari data pretest dan posttest.
Setyawati, Wiwik Endang. 2021. Application of Open-Ended Mathematics Learning to Increase Creativity and Learning Outcomes of Elementary School Students. Thesis. Basic Education Study Program, Postgraduate Program, Surabaya State University, Advisor: (1) Dr. Wiryanto, M.Si., (2) Rooselyna Ekawati, S.Sc., M.Si., Ph.D.
Keywords: Open-Ended Approach, Creativity, Learning Outcomes
Creativity is one of the competencies that must be possessed and improved by students in the 21st century. This research is an experimental study that applies an open-ended approach to the volume of blocks to increase students' creativity and learning outcomes. With the increase in student creativity, it is also expected to increase the ability of learning outcomes. The aims of this study are: (1) to describe the improvement of the fifth grade students' mathematical creativity using the Open-Ended approach; (2)describe the improvement of mathematics learning outcomes for fifth grade students using the Open-Ended approach.
This research uses a quasi-experimental method that uses a one group pretest-posttest design, namely an experiment that is only carried out in one group without a comparison group. The research sample consisted of 30 elementary school fifth grade students. Data analysis technique using N Gain Score.
This research produces data about increasing creativity and student learning outcomes. The increase in students' creativity can be seen from the results of the pretest and posttest. Based on the results of the calculation of the gain score shows a value of 0.72 or an increase of 72% which is classified as an increase in the high category. In the learning outcomes test, there was also an increase in student learning completeness from 10% to 87%. Based on the results of data analysis, it can be concluded that (1)an open-ended approach can be used to increase students' mathematical creativity from the category of quite creative to being creative and very creative; (2)the open-ended approach can improve student learning outcomes, which is 77% taken from pretest and posttest data.