Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Menerapkan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Di SMKN 1 Cerme.
Device Development by Apply Problem Based Learning Models to Increase Students Creativity of State Vacional High School 1 Cerme
Penelitian ini adalah penelitan pengembangan perangkat pada mata pelajaran boga dasar dengan menerapkan model pembelajaran berdasarkan masalah untuk meningkatkan kreativitas siswa, terdiri atas: 1) menganalisis kevalidan perangkat, 2) menganalisis kepraktisan perangkat, dan 3) menganalisis keefektifan perangkat.
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan tiga tahapan dari model 4-D, yaitu tahapan pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan akan diujicobakan di kelas X Tata Boga 1 dan X Tata Boga 2 di SMKN 1 Cerme Tahun Ajaran 2019/2020 dengan menggunakan desain penelitian One Group Pre-test Post-test Design.
Temuan hasil kevalidan perangkat penelitian dan instrumen penelitian yakni; validasi perangkat pembelajaran model pembelajaran berdasarkan masalah untuk silabus (3,91), skenario RPP (3,84), LKS dan kunci LKS (3,91), buku siswa (3,89), afektif (keterampilan sosial) (3,72), afektif (perilaku berkarakter) (3,94), kognitif (produk) (3,71), kognitif (proses) (3,6), kognitif (kreativitas ilmiah) (3,77), dan psikomotor (3,97). Temuan hasil kepraktisan untuk keterlaksanaan skenario RPP (93,33%), keterbacaan buku siswa (92,7%), keterbacaan LKS (84,09%), dan aktivitas siswa (97,85%). Temuan hasil keefektifan untuk afektif (keterampilan sosial) (82,5%), afektif (perilaku berkarakter) (80,36%), kognitif (produk) (90%), kognitif (proses) (77,14%), kognitif (kreativitas ilmiah) (82,04%), dan psikomotor (93,75%). Hasil tersebut mempunyai arti bahwa perangkat pembelajaran dinyatakan valid, praktis, efektif dan layak dipergunakan dalam penelitian.
This research is a research on the development of devices in basic culinary subjects by applying a problem based learning models to increase students creativity, consisting of: 1) analysis the validity of the device, 2) analysis the practicality of the device, and 3) analysis the effetiviness of device.
This research was conducted in three stages of 4-D model, which are define, design, and develop. Device that have been developed will be tested in 10th Culinary Art 1 and 10th Culinary Art 2 grade of state vocational high school 1 Cerme in even semester of academic year 2019/2020 with using research design of One Group Pre-test Post-test Design.
The findings validate the results of the research and the research instruments are the validation learning device of problem based learning to the syllabus (3,91), lesson plans scenario (3,84), students book (3,89), worksheet and key worksheet (3,91), affective (social skills) (3,72), affective (character behavior) (3,92), cognitif (product) (3,71), cognitif (process) (3,6), cognitif (scientific creativity) (3,77), and psikomotor (3,97). The finding practical to implementation of the learning plan scenario (93,33%), readability of student books (92,7%), readability of worksheet (84,09%), and student activity (97,85%). The finding effective to affective (social skills) (85,5%), affective (character behavior) (80,36%), cognitif (product) (90%), cognitif (process) (77,14%), cognitif (scientific creativity) (82,04%), and psikomotor (93,77%). These results mean that the device is validity, practical, effective, and suitable for used in research.