Pengembangan Media Pembelajran Berbasis Website Kompetensi Dasar Gizi untuk Kecantikan pada Siswa SMK Labschool UNESA 1 Surabaya
Penelitian ini dilakukan untuk membuat pengembangan media pembelajaran berbasis website kompetensi dasar gizi untuk kecantikan pada Siswa SMK Labschool UNESA 1 Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis website kompetensi dasar gizi untuk kecantikan 2) Untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran berbasis website kompetensi dasar gizi untuk kecantikan 3) Untuk Mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis website kompetensi dasar gizi untuk kecantikan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian research and development (R&D) Borg dan Gall yang disederhanakan menjadi 7 tahap. Subjek uji coba penelitian ini adalah 2 ahli media, 2 ahli materi, 1 ahli bahasa dan siswa kelas X jurusan Tata Kecantukan Kulit dan Rambut SMK Labschool UNESA 1 Surabaya sejumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan angket. Teknik analisis data berupa deskriptif kualitatif dan kuantitatif metode statistika berupa persentase.
Hasil dari penelitian yaitu 1) Hasil kelayakan media pembelajaran berbasis website mendapat penilaian 92% dari ahli media dengan kriteria sangat layak, 90% dari ahli materi dengan kriteria sangat layak, 98% dari ahli bahasa dengan kriteria sangat layak. 2) Pengambangan media menggunakan R&D metode Borg and Gall yang disederhanakan menjadi 7 tahap yakni, potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk 3) Respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis website mendapat penilaian 89% kriteria sangat layak untuk digunakan.
Kata kunci: media pembelajaran, website, gizi untuk kecantikan
This research was conducted to do the research and development of website-based learning on competency nutrition for beauty for students in SMK Labschool UNESA 1 Surabaya. The research objectives are : 1) To find out the feasibility of website-based learning, 2) To find out the research and development of website-based learning for competency nutrition for beauty 2) To find out student’s responses to website-based learning for for competency nutrition for beauty .
The type of research is research and development (R&D) Borg and Gall which is simplified into 7 stages. The test subjects for this study were 2 media experts, 2 material experts, 1 linguist and X grade students majoring in Skin and Hair Beauty at SMK Labschool UNESA 1 Surabaya, a total of 32 students. Methods of data collection using interviews, observation and questionnaires. The data analysis technique is in the form of descriptive qualitative and quantitative statistical methods in the form of percentages.
The results of the study are 1) The results of the feasibility of website-based learning received an assessment of 92% from media experts with very feasible criteria, 90% from material experts with very feasible criteria, 98% from linguists with very feasible criteria. 2) The research is research and development (R&D) Borg and Gall which is simplified into 7 stages, there are research and collection preliminary, research planning, early product development, expert validation, product revision, early test product revision 3) Student responses to website-based learning get an assessment of 89%, the criteria are very feasible to use.
Keywords: media bases learning, website, nutrition for beauty