Pengembangan Modul Trainer Power Supply Pada Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik Pada Kelas X Program Keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK Mambaul Ulum Kebomas Gresik
Kegiatan praktikum menjadi unsur penting dalam pendidikan kejuruan agar siswa mampu mengimplementasikan teori ke dalam kegiatan praktik. Penelitian ini merancang sebuah Modul Trainer Power Supply sebagai bahan ajar untuk materi Power Supply pada mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik. Modul dirancang dengan tujuan agar proses belajar mengajar berlangsung lebih efektif dan tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Modul ini dirancang agar bisa digunakan sebagai referensi, panduan praktikum, serta sebagai alat evaluasi pegetahuan siswa. Modul disusun secara sistematis agar memenuhi syarat kelayakan dan kepraktisan sebagai bahan ajar. Untuk menguji kelayakan dan kepraktisan modul, mula-mula peneliti mengamati kendala yang dialami siswa selama kegiatan praktikum. Setelah mempelajari kendala yang dialami siswa, peneliti merancang modul dan diuji coba pada siswa kelas X SMK Mambaul Ulum Kebomas Gresik. Kelayakan modul dinilai oleh tiga orang ahli sebagai validator. Data hasil pengujian modul diambil dari angket respon yang diisi oleh guru dan beberapa siswa serta lembar validasi yang diisi oleh tiga orang ahli sebagai validator. Berdasarkan hasil analisis data dari lembar validasi oleh tiga orang ahli dapat disimpulkan bahwa Modul Trainer Power Supply pada Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik menunjukkan hasil “valid” dengan persentase 91%. Hal ini menunjukkan bahwa modul layak untuk dijadikan bahan ajar praktikum power supply pada Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik. Sedangkan hasil analisis dari angket respon siswa dan guru diperoleh persentase 96%, yang mana menunjukkan bahwa modul memiliki nilai kepraktisan yang sangat baik.
Practical activities are an important element in vocational education so that studens are able to implement theory into practical activities. This research designed a Power Supply Trainer Module as teaching material for Power Supply material in the basics and Elentrical Measurenemt subject. The module is designed with the aim of making the teaching and learning process more effective and learning objectives can be achieved well. This module is designed to be used as e reference, practical guide, and as tool for evaluating student knowledge. The modules are arranged systematically to meet the requirement for feasibility and practicality as teaching materials. To test the feasibility and practicality of the module, the researcher first observed the obstacles experienced by students during practicum activities. After studying the obstacles experienced by students, researchers designed a module and tested it on class X student at SMK Mambaul Ulum Kebomas Gresik. The feasibillity of the module was assessed by three experts as validators. Module testing result data wa taken from response questionnaires filled in by the teacher and several students as well as validation sheets filled in by three experts as validators. Based on the results of data analysis from the validation sheet by three esports, it can be concluded that rhe Power Supply Trainer Module in Basic Subjects and Electrical Measurements shows “valid” results with a percentage of 91%. This shows that the module is as practical teaching material for Power Supply in Basic Subjects and Eletrical Measurements. Meanwhile, the analysis results from student and teacher response questionnaires obtained a percentage of 96%, which show that the module has very good practical value.