Digital Library
Perpustakaan Universitas Negeri Surabaya
Home
Login
Hub. Kami
Statistik
Tipe Dokumen
- Pilih -
Disertasi
Karya Akhir S1
Karya Akhir S2
Karya Akhir S3
Skripsi
Tesis
Tugas Akhir D3
Tugas Akhir D4
Fakultas
- Pilih -
Fak. Ilmu Pendidikan
Fak. Bahasa & Seni
Fak. Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Fak. Ilmu Sosial & Hukum
Fak. Teknik
Fak. Ekonomi
Pasca Sarjana
Fak. Vokasi
Fak. Ekonomi
Fak. Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Judul
Penulis
Search
Advanced Search
Jenis Dokumen
Disertasi
Karya Akhir S1
Karya Akhir S2
Karya Akhir S3
Skripsi
Tesis
Tugas Akhir D3
Tugas Akhir D4
Fakultas
Ilmu Pendidikan
Bahasa & Seni
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu Sosial & Politik
Hukum
Psikologi
Teknik
Ekonomika dan Bisnis
Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Vokasi
Pascasarjana
HUBUNGAN HASIL BELAJAR PSIKOMOTOR DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN PASSING SEPAKBOLA
Kode Dokumen
:
0155/FIO-PENOR/2021
Penulis Utama
:
RIZQI RAMADHANI BACHTIAR
NIM Penulis Utama
:
16060464175
Tahun
:
2021
Judul ID
:
HUBUNGAN HASIL BELAJAR PSIKOMOTOR DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN PASSING SEPAKBOLA
Judul EN
:
THE RELATIONSHIP LEARNING OUTCOME PSYCHOMOTOR AND KOGNITIF LEARNING OUTCOMES TO FOOTBALL PASSING
LEARNING
Sumber
:
UNESA - Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan - Jurusan S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi - 16060464175 - 2021
Jenis Dokumen
:
Skripsi
Abstrak ID
:
Permasalahan pokok yang terdapat pada artikel ini adalah apakah ada hubungan hasil belajar psikomotor dengan kognitif siswa pada pembelajaran passing sepakbola di SMA Negeri 1 Sampang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan siswa pada ranah psikomotor dan kognitif, serta mengetahui perbedaan kemampuan siswa laki-laki dan perempuan di setiap ranah penilaian, dan adanya keterkaitan pada kemampuan dua ranah tersebut. Pada mata pelajaran pendidikan jasmani mengajarkan bahwa terdapat sesuatu yang berhubungan dengan aktivitas kebugaran dan pola hidup sehat. Dalam proses pembelajaran yang dilakukan dalam belajar selanjutnya di harapkan siswa mendapatkan hasil belajar yang tinggi agar mencapai
keberhasilan.Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif
dengan menggunakan metode korelasional. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sampang. Sampel pada penelitian ini adalah 33 siswa kelas XI IPA 7. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi. Data pada penelitian ini menggunakan nilai sekunder dari nilai keterampilan dan pengetahuan siswa. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa nilai signifikasi aspek psikomotor dan kognitif sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai r hitung 0,807 dengan nilai sumbangan sebesar 64% artinya ada hubungan yang kuat antara hasil belajar psikomotor dengan hasil belajar kognitif pada pembelajaran passing sepakbola siswa kelas XI IPA 7 SMA Negeri 1 Sampang.
Kata Kunci: hasil belajar; psikomotor; kognitif; passing; sepakbola
Abstrak EN
:
The main problems contained in this article are is there a relationship between the results of psychomotor and cognitive in the learning of football passing in senior high school 1 Sampang. The aim of this research is to find abilities of students on psychomotor and cognitive domains, and to find out the differences male and female students in each asessment, and the relationship to the ability of two realms. Phsycal education subject teach that there is something related to fitness activities and healty living patterns. The learning process carried out in further learning is expected to enable students to get high learning outcomes in order to achieve success. This study uses quantitative research by using the correlational method. The population in this study are all students class XI IPA 7 senior high school 1 Sampang. the sample in this study are 33 students class XI IPA 7 Senior High School 1 Sampang. The data analysis of this study uses correlation technique. The data in this study uses a secondary value from the value of students’ skills and knowledge. The results of this study can be concluded that the significance value of psychomotor and cognitive aspects is 0.000 <0.05 and the value of r count 0.807 with a 64% donation value which means there is a strong relationship between psychomotor learning outcomes and cognitive learning outcomes in learning Passing Football class students class XI IPA 7 Senior High School 1 Sampang.
Keywords:
learning outcomes
;
psychomotor
;
cognitive
;
passing
;
football
Tautan Artikel
File Abstrak
File Lampiran