Pengembangan Konten Instagram Sebagai Media Promosi Pondok Pesantren Sabilillah Surabaya
Development of Instagram Content as Promotional Media for Sabilillah Islamic Boarding School Surabaya
Pesantren menjadi lembaga pendidikan tertua dengan sejarah panjang yang dikenal oleh masyarakat. Masyarakat menilai pesantren menjadi lembaga yang hanya memfokuskan pada mengkaji kitab dan Al-Qur’an serta memandang jauh akan teknologi dan perkembangan zaman. Oleh karena itu, pentingnya dalam setiap lembaga dalam menerapkan media promosi dan strategi dalam mengembangkan sosial media. Saat ini instagram menjadi platform media sosial yang banyak digunakan dalam promosi lembaga, termasuk Pondok Pesantren Sabilillah Surabaya. Namun, konten yang saat ini disajikan kurang informatif dengan tampilan visual yang inkonsisten, sehingga dilakukannya pengembangan konten instagram Pondok Pesantren Sabilillah melalui konten dengan visual yang informatif serta sesuai dengan audiens yang ditargetkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan metode ADDIE Model. Proses pengembangan konten ini diawali mengumpulkan data primer dan sekunder melalui wawancara dan observasi. Desain dibuat dengan konsep minimalis interaktif dengan pemilihan warna hijau sebagai representasi visi misi lembaga dan menggunakan font Raleway. Pengembangan ini menghasilkan konten instagram berupa feed, reels, story. Berdasarkan hasil uji coba terbatas kepada audiens, konten yang telah dikembangkan memiliki visual yang informatif dalam meningkatkan visibilitas dan engagement Pondok Pesantren Sabilillah dengan pendekatan yang terstruktur dan sistematis dalam mengoptimalkan promosi melalui media sosial instagram.
Kata Kunci: Pondok Pesantren Sabilillah, Instagram, Promosi
Islamic boarding schools are among the oldest educational institutions with a long history known to the public. The public often perceives Islamic boarding schools as institutions solely focused on studying religious texts and the Quran, neglecting technology and contemporary developments. Therefore, it is crucial for these institutions to implement promotional media and strategies for social media development. Currently, Instagram is a widely used social media platform for promoting institutions, including the Sabilillah Islamic Boarding School in Surabaya. However, the current content lacks informativeness and visual consistency, prompting the development of more informative visual content tailored to the target audience. This research is of the Research and Development (R&D) type, utilizing the ADDIE Model method. The content development process begins with the collection of primary and secondary data through interviews and observations. The design was created with an interactive minimalist concept, featuring the color green to represent the institution's vision and mission, and utilizing the Raleway font. This development results in Instagram content in the form of feeds, reels, and stories. Based on the results of limited trials with audiences, the developed content features informative visuals that enhance the visibility and engagement of the Sabilillah Islamic Boarding School through a structured and systematic approach to optimizing promotions via Instagram.
Keywords: Sabilillah Islamic Boarding School Surabaya, Instagram, Promotion