ABSTRAK
Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) merupakan satuan pendidikan non formal yang mewadahi program pembelajaran masyarakat yang memiliki keterkaitan dengan peningkatan kemampuan keterampilan fungsional maupun kejuruan dalam rangka menekan angka pengangguran dan kemiskinan. Magistra Utama Tuban sebagai salah satu lembaga kursus dan pelatihan menyediakan program pendidikan keterampilan 1 tahun – lebih siap dan cepat kerja, berkomitmen untuk menjaga mutu lembaga dan menghasilkan lulusan yang bermutu. Upaya untuk meningkatkan mutu lembaga adalah dengan menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 berdasarkan prinsipnya dalam meningkatkan mutu lulusan di LKP Magistra Utama Tuban. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan rancangan penelitian deskriptif. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara mendalam, observasi non-partisipatif, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 di Magistra Utama Tuban telah dilaksanakan sesuai prinsipnya yaitu fokus pelanggan, kepemimpinan, keterlibatan dan kompetensi seseorang, pendekatan proses, perbaikan, pengambilan keputusan berbasis bukti, dan manajemen hubungan. Prinsip Sistem Manajemen Mutu ISO tersebut telah diterapkan dengan baik oleh lembaga, hal ini membuktikan adanya peningkatan mutu lulusan yang dapat dilihat dari prestasi akademik dengan nilai kelulusan berkategori Baik, memiliki kemampuan dan keterampilan sesuai bidang keilmuan, dan >90% lulusannya bekerja.
Kata Kunci: ISO 9001:2015, Manajemen Mutu, Mutu Lulusan, Lembaga Kursus dan Pelatihan
ABSTRACT
Course and Training Institution (LKP) is non-formal education unit that can facilitate community learning programs that have an attachment to improve the ability of functional and vocational skills in order to reduce unemployment and poverty. Magistra Utama Tuban as one of courses and training institutions that provide one-year skills education programs – better prepared and quick to work, commited to maintainning the quality of the institution and producing quality graduates. The effort to improve their quality is to implement an ISO 9001:2015 Quality Management System. This research aims to analyze the implementation of ISO 9001:2015 Quality Management System based on its’ principles in improving the quality of graduates at LKP Magistra Utama Tuban. This research used qualitative research method and the design is descriptive research. The data were collected by in-depth interview techniques, non-participatory observation, and documentation. The results showed that the implementation of ISO 9001:2015 Quality Management System in LKPMagistra Utama Tuban was carried out according to its principles namely customer focus, leadership, engagement and comeptence of people, process approach, improvement, informed decision making, and relationship management. The principles of ISO Quality Management System is implemented well by the institution, it proves that there is an improvement of the graduates qualities which can be seen from the academic achivement by the Good Graduation score, has the ablities and skills according to the scientific field, and >90% of the graduates succed in getting work.
Keywords: ISO 9001:2015, Quality Management, Graduates’s Quality, Course and Training Institution