Penerapan Etika Bisnis Islam dalam Membangun Loyalitas Pelanggan pada PT. Tanjung Abadi
Application of Islamic Business Ethics in Building Customer Loyalty at PT.
Pesatnya perkembangan industri bangunan dan konstruksi menjadi penyebab dari semakin meningkatnya permintaan akan bahan bangunan dan konstruksi. Kondisi ini juga berdampak pada usaha – usaha penunjangnya yang mengalami peningkatan persaingan sehingga banyak terjadi persaingan bisnis yang tidak sehat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan nilai – nilai etika bisnis islam pada PT. Tanjung Abadi dalam usaha membangun loyalitas pelanggan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan proses wawancara mendalam kepada narasumber. Penelitian ini menunjukkan bahwa PT. Tanjung Abadi telah menjalankan etika bisnis islam yang mencakup lima prinsip etika bisnis islam yakni prinsip kesatuan/tauhid, prinsip kesimbangan/adil, prinsip kehendakbebas, prinsip tanggung jawab dan prinsip kebenaran. Penerapan etika bisnis islam ini berdampak terhadap usaha perusahaan dalam membangun loyalitas pelanggan yang ditunjukan dari hasil analisis loyalitas pelanggan berdasarkan pembelian secara berulang, melakukan pembelian antarlini produk dan jasa, mereferensikan perusahaan kepada orang lain dan menunjukan kekebalannya terhadap pesaing.
The rapid development of the building and construction industry is the cause of the increasing demand for building and construction materials. This condition also affects the supporting businesses which have increased competition so that there is a lot of unfair business competition. This study aims to analyze the application of Islamic business ethics values at PT. Tanjung Abadi in an effort to build customer loyalty. The research method used is descriptive qualitative with in-depth interviews with informants. This research shows that PT. Tanjung Abadi has implemented Islamic business ethics which includes five Islamic business ethics, namely the principle of unity, the principle of balance/fairness, the principle of free will, the principle of responsibility and the principle of truth. The application of Islamic business ethics has an impact on the company's efforts to build customer loyalty which is shown from the results of customer loyalty analysis of repeated purchases, purchases between product and service lines, referring the company to others and showing immunity to competitors
Keywords: Islamic Business Ethics, Customers Loyalty, Competition.