NILAI PENDIDIKAN MORAL DALAM AMANAT CERITA RAKYAT JEPANG DAN CERITA RAKYAT INDONESIA
The value of moral education in the mandate of Japanese folklore and Indonesian folklore
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui unsur intrinsik yang meliputi tema, tokoh dan penokohan, latar, alur, sudut pandang dan amanat, dan juga agar mengetahui nilai pendidikan moral yang terkandung dalam cerita rakyat Jepang Issun Boushi, Momotaro, Kaguya Hime dan cerita rakyat Indonesia Timun Mas, Jaka Tarub dan Sangkuriang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif komparatif dengan kajian sastra banding dan menggunakan pendekatan pragmantik. Metode pengumpulan yang digunakan dalam artikel ini adalah dengan menggunakan metode simak dan metode catat. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah 2 kanal youtube. Untuk cerita rakyat Jepang menggunakan kanal youtubeボンボンアカデ三ー, sedangkan untuk cerita rakyat Indonesia menggunakan kanal youtube “Dongeng Kita”. Dalam hasil analisis terdapat 6 persamaan dan 5 perbedaan. Dan dalam analisis juga ditemukan nilai pendidikan moral yang terkandung didalamnya meliputi kepercayaan diri, berani, bertanggung jawab, tidak pernah berbohong dan menggunkan tutur kata yang baik.
Kata kunci : unsur intrinsik, pendidikan moral
Abstract
This study aims to determine the intrinsic elements which include themes, characters and characterizations, setting, plot, point of view and mandate. In addition, it is also to determine the value of moral education contained in Japanese folklore, namely Issun Boushi, Momotaro, Kaguya Hime and Indonesian folklore namely Timun Mas, Jaka Tarub and Sangkuriang. The method used in this research is a comparative descriptive analysis with comparative literary studies and uses a pragmatic approach. The method used to collect data is the observation method and the note-taking method. Sources of data used in this study are 2 YouTube channels. Japanese folklore uses the youtube channel ボ ン ボ ン ア カ デ ミ ー 、 while for Indonesian folklore, the Youtube channel “Dongeng Kita” is used. The analysis results show 6 similarities and 5 differences. In the analysis results found the value of moral education which includes self-confidence, courage, responsibility, honesty and courtesy.
Keyword : intrinsic elements, moral attitudes