The Development Of Interactive Media "Sarjana Ciliki" Video-Based Audio-Visual with Force Subjec Matter in 4rd Stage Elementary School
Media “Sarjana Cilik” adalah salah satu media pembelajaran berbentuk video audio visual berbasis web dengan cara menyalurkan informasi dalam hal belajar dan mengajar dengan subjek peserta didik kelas IV sekolah dasar. Nama “Sarjana Cilik” dipilih oleh peneliti dengan harapan subjek yang dituju oleh peneliti yaitu seseorang yang cerdas dan pandai didalam kelas ataupun diluar kelas. Media ini memiliki tujuan mengembangkan media “Sarjana Cilik” yang layak (Valid dan Efektif). Media “Sarjana Cilik” menggunakan metode RnD.Dalam metode RnD memiliki 10 tahapan namun pada penelitian ini hanya menggunakan 7 tahapan. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh media ini adalah kuisioner validator media dan materi, kuisioner respon pengguna dan hasil belajar peserta didik. Uji kelayakan media ini menggunakan dua kriteria kelayakan yaitu : (1) Kelayakan validasi media sebesar 84% (layak), Kelayakan validasi materi sebesar 86,7% (layak) ,(2) Kelayakan respon guru sebesar 82% (layak), kelayakan respon peserta didik sebesar 92,4%. Uji keefektivitasan media menggunakan dua kriteria yaitu : (1) Ketuntasan belajar memperoleh nilai sebesar 83,33% (Efektif), (2) Peningkatan kepahaman peserta didik memperoleh nilai sebesar 0,44 (Efektif). Sehingga dapat disimpulkan media “Sarjana Cilik” memenuhi standard kelayakan dan keefektivitasan untuk digunakan sebagai media pembelajaran di Sekolah dasar.
“Sarjana Cilik” media is one of the learning media in the form of web-based audio visual video by channeling information in terms of learning and teaching with the subject of grade IV elementary school students. "Sarjana Cilik" was chosen by researchers in the hope that the subject intended by the researcher is someone who is smart and good in the classroom or outside the classroom This Media has the aim of developing media “Sarjana Cilik” worthy (Valid and Effective). “Sarjana Cilik” using method of RnD. In RnD has 10 phase but in this study just use 7 phaseThe data collection methods used are media and material validator questionnaires, user response questionnaires and student learning outcomes. Feasibility test using two eligibility criteria is: (1) Media validation feasibility of 84% (eligible), Material validation feasibility of 86.7% (eligible) ,(2) Teacher response feasibility of 82% (eligible), student response eligibility of 92.4%. Effectiveness test using two criteria, is: (1) Learning completion obtained a value of 83.33% (Effective), (2) Increased understanding of learners obtained a value of 0.44 (Effective). So it can be concluded that the "Sarjana Cilik" meets the standards of feasibility and effectiveness to be used as a learning medium in elementary schools