Analisis Kepuasan Pengguna Layanan Aplikasi Bima+ dengan Metode UTAUT
Bima+ app Service User Satisfaction Analysis using UTAUT Method
Perkembangan teknologi informasi yang meningkat seiring waktu menuntut masyarakat maupun perusahaan untuk dapat berinovasi dan beradaptasi. Tidak terkecuali perusahaan yang erat dengan teknologi informasi, yakni perusahaan telekomunikasi. Indosat Ooredoo Hutchison merupakan perusahaan telekomunikasi terbesar kedua di Indonesia. Bima+ merupakan aplikasi layanan telekomunikasi yang dikembangkan oleh Indosat Ooredoo Hutchison untuk pengguna layanan Tri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tiugkat kepuasan pengguna layanan Tri Indonesia yang menggunakan aplikasi Bima+ melalui pendekatan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). Analisis dilakukan dengan melakukan perbandingan antara kepuasan yang dicari dengan kepuasan yang diperoleh serta dengan pengujian hipotesis penelitian yang dilakukan antara kepuasan pengguna terhadap setiap variabel UTAUT berdasarkan persepsi pengguna layanan aplikasi Bima+. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa aplikasi Bima+ hanya memenuhi tingkat kepuasan pengguna pada variabel Social Influence dan Facilitating Conditions, namun masih belum memenuhi tingkat kepuasan pengguna pada variabel Performance Expectancy dan Effort Expectancy, serta pengujian hipotesis menunjukkan bahwa setiap variabel UTAUT dapat mempengaruhi kepuasan pengguna aplikasi Bima+.
The development of information technology that increases over time requires society and companies to be able to innovate and adapt. Especially companies that are closely related to information technology, telecommunications companies. Indosat Ooredoo Hutchison is the second largest telecommunications company in Indonesia. Bima+ is a telecommunications service app developed by Indosat Ooredoo Hutchison for Tri service users. This study aims to determine the level of satisfaction of Tri Indonesia service users who uses the Bima+ app through the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) approach. The analysis was carried out by comparing the gratification sought with the gratification obtained and by testing the research hypothesis between user satisfaction with each UTAUT variable based on the user's perception of the Bima+ app service. The results show that Bima+ app only meets the level of user satisfaction on the Social Influence and Facilitating Conditions variables, but still does not meet the level of user satisfaction on the Performance Expectancy and Effort Expectancy variables, and hypothesis testing shows that each UTAUT variable can affect user satisfaction of Bima+ app.