PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-HANDOUT BERBASIS FLIPBOOK PADA MATERI MEMBUAT MACAM-MACAM KAMPUH
DEVELOPMENT OF FLIPBOOK-BASED E-HANDOUT LEARNING MEDIA ON MATERIAL FOR MAKING VARIOUS SEAM ALLOWANCES
Media Pembelajaran merupakan segala sesuatu yang digunakan untuk menyampaikan segala informasi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran e-handout berbasis flipbook pada materi membuat macam-macam kampuh (2) untuk mengetahui hasil belajar peserta didik menggunakan media pembelajaran e-handout berbasis flipbook pada materi membuat macam-macam kampuh. Jenis penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: lembar validasi yang meliputi ahli media, ahli materi, ahli bahasa, serta hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa: 1) Pengembangan media pembelajaran e-handout berbasis flipbook pada materi membuat macam-macam kampuh dinyatakan sangat layak digunakan dalam pembelajaran dengan hasil validasi kelayakan yang dilakukan oleh 2 validator ahli media, 2 validator ahli materi, serta 2 validator ahli bahasa memperoleh hasil kelayakan secara keseluruhan skor rerata sebesar 4,34 dengan kategori “Sangat Layak”. 2) Hasil belajar peserta didik menggunakan media pembelajaran e-handout berbasis flipbook pada materi membuat macam-macam kampuh memperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 88%.
Kata kunci: Media Pembelajaran, E-Handout, Flipbook, kampuh.
Learning media is everything that is used to convey all information in the learning process. This research aims: (1) to determine the feasibility of flipbook-based e-handout learning media on the material for making various seam allowances (2) to determine the learning outcomes of students using flipbook-based e-handout learning media on the material for making various seam allowances. The type of research uses the ADDIE development model. The data collection instruments used in this research are: validation sheet which includes media experts, material experts, language experts, and student learning outcomes. The results the research carried out show that: 1) The development of flipbook-based e-handout learning media on the material of making various kinds of seam allowances was declared very suitable for us in learning with the results of feasibility validation carried out by 2 media expert validators, 2 material expert validators, and 2 linguist expert validators obtained overall feasibility results with an average score of 4.34 in the “Very Eligible” category. 2) The learning outcomes of students using flipbook-based e-handout learning media on the material of making various seam allowances obtained classical learning completeness of 88%.
Keywords: Learning Media, E-Handout, Flipbook, Seam Allowance