Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Keamanan terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace
The Influence of Trust, Convenience, and Security on Marketplace Purchasing Decisions
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan, kenyamanan, dan keamanan terhadap keputusan pembelian di Shopee. Dengan berkembangnya sistem belanja online yang menggunakan internet, masyarakat kini mengikuti perkembangan dengan memiliki pola pikir perilaku konsumen dari belanja konvensional menjadi belanja secara digital dan online. Kepercayaan konsumen dalam berbelanja online melalui sistem sangat diperhatikan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, diperlukan kemudahan penggunaan sistem dan keamanan yang ketat untuk melakukan transaksi secara online. Sampel dalam penelitian ini adalah 200 responden yang merupakan pengguna aplikasi Shopee, baik pria maupun wanita berusia 19-45 tahun. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda melalui alat analisis statistik IBM SPSS versi 26. Penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kepercayaan, keamanan, dan kenyamanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Aplikasi Shopee diharapkan dapat lebih meningkatkan kualitas pelayanan melalui apa yang dirasakan konsumen melalui review tentang aplikasi Shopee dari segi kepercayaan, kenyamanan, dan keamanan atau hal lainnya jika dirasa kurang memuaskan. Penelitian ini merekomendasikan pemasar untuk menjaga loyalitas pelanggan. Aplikasi Shopee juga harus menjaga kemudahan penggunaan aplikasi, seperti pengembangan fitur-fitur terbaru yang lebih menarik dan praktis untuk memudahkan konsumen dalam mencari produk hingga memutuskan untuk melakukan transaksi.
Kata kunci: kemudahan; perdagangan elektronik; keputusan pembelian; keamanan; kepercayaan.
This study aims to determine the effect of trust, comfort, and security on purchasing decisions at Shopee. With the development of an online shopping system that uses the internet, people are now following developments by having a mindset of consumer behaviour from conventional shopping to shopping digitally and online. Consumer confidence in online shopping through the system is very concerned about avoiding things that are not desirable. Therefore, it is necessary to ease of use of the system and strict security to conduct transactions online. The sample in this study were 200 respondents who were Shopee application users, both men and women aged 19-45 years. This study uses multiple linear regression analysis techniques through the analysis tool IBM SPSS statistic version 26. This study indicates that the variables of trust, security, and convenience affect purchasing decisions. The Shopee application is expected to further improve the quality of service through what consumers feel through reviews about the Shopee application in terms of the trust, convenience, and security or other things if it is deemed unsatisfactory. This study recommends marketers to maintain customer loyalty. The Shopee application must also maintain the ease of use of the application, such as the development of the latest features that are more attractive and practical to make it easier for consumers to search for products until they decide to make transactions.
Keywords: easy; e-commerce; purchase decision; security; trust.