MINAT MASYARAKAT TERHADAP E-SPORTS SEBAGAI OLAHRAGA PRESTASI DI JAWA TIMUR
PUBLIC INTEREST IN ESPORTS AN ACHIEVEMENT SPORT IN EAST JAVA
Abstrak
E-sports adalah kompetisi video game antara player yang menjadikan game tersebut sebagai alternatif cabang olahtaga resmi. E-sports sendiri memiliki nilai-nilai berupa nilai olahraga, ekonomi, sosial, prestasi, dan pengetahuan. Induk organisasi E-sport Indonesia sendiri adalah Pengurus Besar E-sport Indonesia (PBESI) yang diketuai oleh Prof. Dr. Budi Gunawan, S.H., Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetehui minat atau antusias masyarakat terhadap E-sports sebagai olahraga prestasi. Metode dalam penelitian ini menggunakan survei dengan instrumen kuisioner. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah peminat E-sports di 3 daerah di Jawa Timur yaitu Mojokerto, Sidoarjo, dan Surabaya. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif yang di lampirkan dalam bentuk presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian responden memiliki persepsi yang positif terhadap E-sports sebagai olahraga prestasi di Jawa Timur masuk dalam kategori baik dengan presentase terbesar dari selururh jawaban instrument yaitu kriteria Sangat Setuju (SS) 28%, Setuju (S) 33%, Tidak Setuju (TS) 25,3%, Sangat Tidak Setuju (STS) 15,6%. Keterbatasan dari penelitian ini adalah cakupan wilayah/daerah yang penulis gunakan sebagai sampel.
Kata Kunci: Minat, Esports, Jawa Timur
Abstract
E-sports is a video game competition between players who choose a gamer as their their alternative to official sport. E-sports itself has values in the form of sports, economic, social, achievement, and knowledge values. The organization of indonesian Esport is Pengurus Besar E-sport Indonesia (PBESI) chaired by Prof. Dr. Budi Gunawan, S.H., Si. This study aims to determine the public's interest or enthusiasm for E-sports as a sport that can give an achievement. Thuis study uses a survey with a questionnaire instrument to collect the data. The population as well as the sample in this study are E-sports enthusiasts in 3 areas in East Java, which are Mojokerto, Sidoarjo, and Surabaya because there are more fans. The analytical technique used in this study is descriptive quantitative which is attached in the form of a percentage. The results showed that some respondents had a positive perception of E-sport. They see E-sports as an achievement sport in East Java in the good category with the largest percentage of all instrument answers, which are Strongly Agree (SS) 28%, Agree (S) 33%, Disagree (TS) 25.3%, Strongy Disagree (STS) 15.6%. The limitation of this research is the coverage area/region that the author uses as a sample.
Keywords: Interests, Esports, East Java