HUBUNGAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI DENGAN HASIL BELAJAR AKADEMIK
CORRELATION OF PHYSICAL FITNESS LEVEL TO ACADEMIC LEARNING OUTCOMES
Kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang untuk melaksanakan tugas gerak, pekerjaan atau rutinitas sehari-hari dengan fisik yang prima, tidak mengalami kelelahan yang berat setelah melaksanakan aktifitas tersebut serta memiliki kemampuan fisik yang baik untuk melakukan pekerjaan lainnya. Dari hasil pengamatan penulis selama melaksanakan mata kuliah Program Pengelolaan Pembelajaran selama tujuh minggu di SMP Negeri 1 Jombang, kebanyakan siswa kurang aktif dalam melakukan tugas gerak selama proses kegiatan belajar mengajar mata pelajaran PJOK. Dasar peneliti mengambil SMP kelas VIII karena pada saat peneliti melakukan pengamatan pembelajaran PJOK banyak siswa yang belum begitu memahami tentang tes MFT.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan hubungan tingkat kebugaran jasmani dengan hasil belajar akademik yang diambil dari siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jombang, yaitu kelas VIII B, VIII D dan VIII E. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif, dimana penelitian ini adalah penelitian yang menghubungkan satu atau lebih variabel bebas dengan satu variabel terikat tanpa ada upaya untuk mempengaruhi variabel tersebut. Bentuk sederhana dari penelitian korelasi adalah hubungan antara dua variabel. Berdasarkan hasil penelitian ini mempunyai tujuan yaitu untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani dengan hasil belajar akademik siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jombang.
Hasil dari penelitian hubungan Tingkat Kebugaran Jasmani dengan Hasil Belajar Akademik siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jombang, menghasilkan signifikansi sebesar 0,000. Hasil ini menunjukkan bahwa nilai Significance < level of significance (a=5% atau 0,05). Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Tingkat Kebugaran Jasmani dengan Hasil Belajar Akademik. Nilai Koefisien bernilai positif, yaitu 0,436. Koefisien yang bernilai positif menunjukkan hubungan yang searah, artinya bahwa apabila Tingkat Kebugaran Jasmani semakin tinggi, maka Hasil Belajar Akademik siswa juga akan meningkat.
Kata kunci : Kebugaran jasmani, hasil belajar akademik.
Physical fitness is the ability of a person to carry out tasks of movement, work or daily routine with excellent physical, not experiencing severe fatigue after carrying out these activities and has good physical ability to do other work. From the writer's observations while carrying out the course of the Learning Management Program for seven weeks at SMP Negeri 1 Jombang, most students are less active in carrying out the task of movement during the teaching and learning process of PJOK subjects. The basis of the researchers took the eighth grade junior high school because at the time the researchers observed PJOK learning, many students did not really understand the MFT test.
The researchis aim to know the relations between level of physical fitness and academic learning outcome which is collected from student grade VIII SMP Negeri 1 Jombang, specifically students from class VIII B, VIII D, and VIII E. Type of this research is correlational research and quantitative research method, which is connecting one or more independent variable with one dependent variable without any action means to influence those variables. The simplest form of correlational research is the relationship between two variables. Based on the research result, the aim of this research is to know the relations between the level of physical fitness and the SMP Negeri 1 Jombang grade VIII students’ academic learning outcome.
This correlation research between the level of physical fitness and SMP Negeri 1 Jombang grade VIII students’ academic learning outcome result indicates 0.000 signification. This result indicates that the value of Significance < level of significance (a=5% or 0,05). Therefore, it could be stated that there is a significant correlation between the level of physical fitness and student’s academic learning outcome. The coefficient value is positive, which is 0.436. This positive coefficient indicates a direct relationship, which means that if the level of physical fitness higher, the student’s academic learning outcome will increase.
Keywords : Physical fitness, academic learning outcomes.