ANALISIS MASALAH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAUD TERSERTIFIKASI DI KECAMATAN LAMONGAN
ANALYSIS OF CERTIFIED PAUD TEACHER COMPETENCE PEDAGOGIC PROBLEMS IN LAMONGAN DISTRICT
Hasil studi pendahuluan yang dilakukan ditemukan permasalahan yaitu kompetensi pedagodik guru PAUD tersertifikasi dalam hal penyusunan perangkat pembelajaran, pemanfaatan teknologi pembelajaran, dan evaluasi hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan kompetensi pedagogik guru tersertifikasi di PAUD di Kecamatan Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru-guru yang telah sertifikasi di PAUD di Kecamatan Lamongan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan model Miles and Huberman, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat permasalahan dalam kompetensi pedagogik guru tersertifikasi dalam hal penyusunan perangkat pembelajaran dan pemanfaatan teknologi pembelajaran. Permasalahan tersebut terjadi karena adanya beberapa faktor internal dan eksternal yaitu dari guru yang mempunyai latar belakang sarjana non pendidikan, umur, dan dari tim penyusun perangkat pembelajaran yang digunakan sebagai pedoman dalam penyusunannya. Penelitian ini memberikan implikasi terhadap guru PAUD tersertifikasi di Kecamatan Lamongan untuk meingkatkan kemampuan kompetensi pedagogic dalam hal menyusun perangkat pembelajaran dan pemanfaatan teknologi pembelajaran dengan melalui berbagai cara salah satunya kegiatan diklat yang diadakan oleh dinas pendidikan atau instansi lainnya, serta kepala sekolah dan pengawas sekolah dapat meningkatkan pelaksanaan pembinaan kompetensi pedagogik guru.
The results of the preliminary study conducted found problems, namely pedagodic competence of PAUD teachers certified in terms of the preparation of learning tools, utilization of learning technology, and evaluation of learning outcomes. This study aims to determine the issue of pedagogical competence of certified teachers in PAUD in Lamongan District. This research uses descriptive qualitative research methods. Data collection techniques using observation, interviews, and documentation. Subjects in this study were school principals and teachers who had been certified in PAUD in Lamongan District. Analysis of the data used in this study is to use the Miles and Huberman model, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study indicate there are problems in the certified teacher's pedagogical competence in terms of preparing learning tools and utilizing learning technology. These problems occur because of several internal and external factors, namely from teachers who have a non-educational background, age, and from the team that compiles the learning tools used as a guide in their preparation. This research has implications for certified PAUD teachers in Lamongan District to improve the ability of pedagogic competencies in terms of developing learning tools and the use of learning technology through various ways, one of which is training activities conducted by the education office or other agencies, as well as school principals and school supervisors can improve implementation of teacher pedagogical competency development.